Kolam Renang – Prosedur Keamanan & Kenyamanan

kolam renang

Kolam renang adalah kolam air buatan yang dimanfaatkan untuk berenang dengan berbasis rekreasi ataupun sarana olahraga. Kolam renang biasanya terbuat dari beton, logam, plastik atau bahkan fiber glass yang juga telah menjadi sangat umum.

Tenggelam telah menjadi penyebab yang paling umum untuk kematian pada anak-anak di bawah usia 14 tahun. Tragedi ini bisa terjadi dalam beberapa menit setelah kepala seseorang berada di bawah permukaan air. Kematian disebabkan ketika air memasuki paru-paru dan paru-paru gagal membawa jumlah oksigen yang diperlukan ke berbagai bagian tubuh termasuk otak. Beberapa tindakan pencegahan perlu diambil untuk memastikan bahwa tidak ada kecelakaan terjadi di kolam renang.

Keamanan & kenyamanan di kolam renang

Mengawasi anak-anak
Penjaga kolam renang harus terus memantau kolam renang ketika anak-anak sedang bermain di sekitarnya. Jika berada di kolam renang umum, orang tua harus memperingatkan anak-anaknya untuk tidak pergi ke tempat kolam renang dewasa atau mempunyai kolam yang dalam jika tidak ada orang dewasa di sekitarnya.

Bersiap dalam keadaan darurat
Jika anda memiliki kolam renang di rumah, sangat disarankan untuk memiliki keterampilan berenang dan pengetahuan yang meliputi pertolongan pertama pada kecelakaan(P3K). Belajar resusitasi cardiopulmonary, prosedur medis darurat untuk orang yang menderita gangguan pernapasan mendadak dapat terbukti sangat membantu dalam keadaan darurat.

Mainan
Mainan yang membantu untuk mengapung bisa menjadi menyenangkan untuk bermain, dan bahkan membantu saat belajar berenang, tetapi tidak bisa menyelamatkan nyawa anda. Jangan pernah meninggalkan mainan di dekat kolam renang. Mainan ataupun peralatan lain dapat memancing anak ke dalam situasi yang berbahaya.

Menjaga kolam renang tetap bersih dan higienis
Salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah kebersihan kolam renang. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa kolam renang tersebut aman bagi kesehatan pengguna. Sanitasi yang tepat akan mengekang pertumbuhan berbagai bakteri, ganggang, dan larva serangga di dalam kolam renang, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Bahan kimia yang digunakan untuk membersihkan kolam renang harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Hal yang kerap terjadi di sini adalah, pipis di dalam kolam renang.

>>  Sejarah Piala Dunia FIFA World Cup

Renang telah berkembang sebagai olahraga yang sangat populer serta kegiatan rekreasi yang asyik. Tindakan pencegahan dan penyelamatan dapat membuat kegiatan berenang  menjadi lebih aman dan nyaman jika berada di kolam renang.

 
  Incoming Keywords: menjaga kesehatan penjaga kolam renang, Sebutkan usaha usaha keamanan dalam kolam

,

Comments are closed.