Cara Menulis Artikel yang Baik

Cara menulis artikel yang baik dibutuhkan terutama bagi mereka yang pemula. Ini adalah di mana anda akan belajar lebih banyak tentang format penulisan artikel.

Ada beberapa orang yang berpikir bahwa keterampilan menulis artikel yang baik adalah suatu bakat bawaan.  Namun, apa yang yang mengatakan bahwa keterampilan menulis artikel selalu dapat dipelajari. Yang anda butuhkan adalah pikiran yang penuh dengan ide-ide dan keinginan untuk mengekspresikan diri dalam bentuk kata-kata. Di luar itu, anda hanya perlu membiarkan pikiran anda mengalir dengan bebas.

Ada semua jenis artikel yang memerlukan berbagai jenis format. Format, pada kenyataannya untuk membuat segalanya lebih mudah dalam membantu anda dengan mengatur gagasan dalam urutan logis. Kita semua akrab dengan format yang dimulai dengan pengenalan atau pendahuluan, memiliki bagan tubuh di tengah, dan diakhiri dengan kesimpulan. Tapi karena ada berbagai jenis artikel, maka cara menulis artikel yang baik harus dengan cara yang berbeda untuk membuatnya ramah dibaca. Sebelum kita sampai ke sana, kita dapat melihat bagian dasar dari sebuah artikel yang baik.

Cara Menulis Artikel yang Baik

Judul
Judul harus menarik, namun cukup jelas dan mudah untuk dipahami. Menulis artikel dengan sebuah judul yang baik akan menarik perhatian pembaca, dan membuatnya ingin membaca lebih lanjut. Karena itu, artikel yang memiliki nada serius, ilmiah, medis, atau penelitian yang berorientasi, harus memiliki judul yang sederhana dan spesifik. Artikel tentang gaya hidup dan hiburan dapat memilih judul yang inovatif dan eksperimental.

Pengantar
Pengantar yang mengesankan dan menggoda harus menjelaskan topik tanpa mengungkapkan segala sesuatu yang akan mengikuti. Jadi di sini pembaca akan merasa harus mengikuti lebih lanjut. Di sisi lain, berita berbasis artikel harus melakukan sebaliknya dan mengikuti format ‘Kapan, Dimana, Siapa, Apa, dan Mengapa’.

Tubuh
Tubuh artikel adalah bagian paling penting. Ini adalah bagian di mana anda perlu memasukkan ke dalam semua rincian dan penjelasan, bersama dengan contoh-contoh atau ilustrasi. Selalu dianjurkan untuk memulai dengan fakta yang paling penting sebelum pindah ke yang lebih rendah. Cara menulis artikel ini disebut dengan format piramida terbalik. Paragraf pendek membuat pembaca untuk membaca lebih mudah. Selain itu, hindari menempatkan beberapa hal yang saling bertentangan dalam paragraf yang sama.

Kesimpulan
Sangat mudah bagi kebanyakan penulis untuk merangkai kalimat acak dalam membuat sebuah kesimpulan. Di sini, satu-satunya hal yang harus diingat adalah bahwa setiap ide baru atau pemikiran tidak harus mendapatkan tempat dalam kesimpulan. Kesimpulan pada dasarnya adalah rekap singkat dari seluruh artikel, yang menandakan akhir dari artikel.



Selanjutnya, kita akan melihat pada pendekatan yang perlu anda ambil ketika menulis berbagai jenis artikel.

Artikel Bebas
Anda tidak perlu bertele-tele untuk menjelaskan konsep yang terlibat. Pengantar anda harus menjelaskan konsep secara singkat. Tubuh harus mencakup penjelasan langkah demi langkah prosedur yang terlibat. Menambahkan ilustrasi prosedur dan menjelaskan hal-hal dalam kata-kata. Kesimpulan yang rumit tidak perlu dalam artikel bebas, sebagai perhatian utama pembaca adalah pengertian prosedur.

>>  Tips Menulis Blog yang Baik untuk Pemula

Artikel Resep
Pendahuluan dapat digunakan untuk menggambarkan masakan, termasuk sekelumit sejarahnya juga. Tubuh harus dimulai dengan daftar bahan bersama dengan porsinya. Petunjuk memasak harus mengikuti langkah-langkah. Jika ada tips yang ingin anda tambahkan dengan beberapa langkah, harus dimasukkan bersama, sehingga pembaca tidak merasa meloncat-loncat karena tidak sesuai kronologis. Sebutkan instruksi yang tepat, dan tidak pernah bolak-balik, karena anda hanya akan membingungkan pembaca. Anda dapat mengakhiri artikel dengan beberapa tips tentang cara untuk menyajikan hidangan.

Artikel Motivasi
Artikel motivasi ditulis dengan tujuan untuk menginspirasi. Sebuah kutipan dari seseorang yang terkenal atau pepatah lainnya akan menciptakan kesan yang lebih baik dan menarik. Idealnya, cara menulis artikel yang baik untuk artikel motivasi harus dimulai dengan mengidentifikasi masalah dan menggambarkan sisi lemah pada jiwa manusia. Selanjutnya, paragraf tubuh harus fokus pada ide-ide untuk melepaskan rasa khawatir, rendah diri, dll. Anda bisa menggunakan contoh atau juga puisi untuk menjelaskan, bukannya terdengar terlalu intelek atau filosofis. Hal ini sangat penting untuk menyimpulkan artikel pada suatu wujud catatan tentang kebahagiaan, atau kalau tidak maka tidak akan benar-benar dapat disebut motivasi.

Artikel Deskriptif
Pada artikel deskriptif yang memerlukan penjelasan yang panjang, dari berbagai pendidikan atau ilmiah, maka cara menulis artikel yang baik untuk artikel semacam ini haruslah ditulis secara formal. Artikel ini biasanya mengikuti format pendahuluan – batang tubuh – kesimpulan dengan gamblang. Sangat dianjurkan untuk menggunakan subjudul agar ramah dibaca. Sangat mudah bertele-tele dan berbicara panjang lebar dalam artikel deskriptif. Kesimpulannya adalah review singkat dari artikel dengan menyeluruh. Contohnya seperti pada makalah, karya tulis, dll.

Ulasan
Ulasan tidak perlu mengikuti format tertentu, selama ulasan tersebut informatif. Harus difokuskan dengan langsung pada analisis dan dikirim kepada pembaca. Jelaskan spesifik produk dalam pendahuluan, bersama dengan fitur yang paling penting untuk diperhatikan. Tubuh harus mencakup analisis, memasukkan pro dan kontra di sini adalah bagian yang dianjurkan. Akhiri dengan pendapat anda secara keseluruhan, dan pastikan anda tidak membuat prasangka. Jangan pula mulai membahas poin baru pada akhir artikel. Contohnya artikel ulasan berita pada majalah atau koran.

Menulis artikel yang baik menjadi pengalaman memuaskan bagi orang yang menulisnya. Selain itu juga dapat memuaskan pembaca karena adanya penjelasan yang dapat dicerna dengan mudah. Artikel di atas hanyalah sekelumit cara menulis artikel yang baik.

 
  Incoming Keywords: contoh artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel berita, pembuatan artikel, struktur panulisan artikel

, , , ,

Comments are closed.