Manfaat Nutrisi Buah Nanas Obat Bau Mulut

N anas adalah buah yang mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan. Buah nanas kaya akan vitamin, protein dan mineral penting. Pada saat yang sama, nanas juga sangat rendah dalam hal kandungan lemak. Buah nanas dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk cemilan setelah makan siang.

Nanas adalah tanaman herbal yang tumbuh terus-menerus. Statistik menunjukkan bahwa Asia Tenggara mendominasi budidaya buah nanas, dengan daerah budidaya terbesar adalah Thailand dan Filipina.

Menurut sejarah, buah nanas diyakini berasal dari Brazil dan Paraguay, kemudian mulai dikembangkan di seluruh Amerika Selatan oleh penduduk asli, sebelum akhirnya sampai ke Karibia. Pada tahun 1493, Christopher Columbus menemukan buah nanas di pulau Karibia Guadalupe. Ketika pelayarannya mencapai pulau Karibia, kru kapal Columbus turun ke darat, mereka mengumpulkan sayuran segar dan buah-buahan termasuk nanas. Christopher Columbus memutuskan untuk membawanya kembali bersamanya. Ketika Columbus memperkenalkan buah nanas ke Eropa, maka nanas menjadi sangat populer. Pada masa itu, nanas menjadi bagian penting dari jamuan makan. Kemudian bangsa Spanyol memperkenalkan nanas ke Hawaii, pada tahun 1527. Dan kemudian menyebar di Asia dan Hindia Barat.

Kandungan nutrisi buah nanas

  • Komposisi nanas terdiri dari kalori, mineral (kalsium, fosfor, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, natrium, kalium, dan selenium), gula (glukosa, dekstrosa, fruktosa), dan vitamin (A, B1, B2, B6, B12, C, E, K).
  • 165g nanas yang masih segar mengandung 82,5 kalori, dan 85 kalori dalam 28g nanas kering.
  • Buah ini mengandung lemak yang sedikit dan kandungan sodium, serta tidak ada kolesterol sama sekali.
  • Nanas merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C atau asam askorbat. Dalam 100 gram nanas terkandung 15mg vitamin C.
  • Hampir semua jenis vitamin B juga ditemukan dalam buah nanas.
  • Nanas mengandung kadar gula yang tinggi, 1,7g (glukosa) dan 1,9g (fruktosa) per 100 gram nanas.
  • Nanas mengandung kadar gula yang tinggi, oleh karena itu tidak dianjurkan untuk penderita diabetes.

Manfaat buah nanas

  • Nanas mengandung serat yang tinggi karena itu dapat mencegah gangguan pencernaan.manfaat buah nanas bagi kesehatan
  • Vitamin B1 yang terkandung di dalam nanas membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah serta meningkatkan pasokan oksigen ke sel-sel darah. Vitamin B1 juga membantu dalam metabolisme karbohidrat dalam tubuh.
  • Seperti disebutkan di atas, buah nanas menjadi sumber vitamin C yang dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Kandungan mangan dalam buah nanas digunakan untuk produksi energi dalam tubuh. Selain itu juga dapat membantu dalam pertumbuhan tulang yang kuat bagi anak.
  • Nanas mengandung enzim yang dikenal dengan bromelain yang membantu menetralkan cairan dalam tubuh. Enzim ini juga menguraikan lendir yang berlebihan dan berguna bagi penderita bronkitis, sinusitis, dan asma.
  • Manfaat nanas diyakini dapat menurunkan resiko degenerasi terkait usia. Hal ini juga membantu dalam menjaga kesehatan mata dengan baik.
  • Karena tingginya kadar vitamin C, buah nanas juga bermanfaat bagi kesehatan mulut. Hal ini juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri yang masuk dan dapat menyebabkan penyakit gusi.

Nanas telah digunakan oleh banyak orang selama berabad-abad sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit, terutama masalah pencernaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain, enzim yang terkandung dalam nanas mempunyai banyak manfaat kesehatan. Dengan fakta-fakta tersebut di atas, jelas menunjukkan bahwa buah nanas merupakan salah satu buah terbaik dan bergizi yang mempunyai khasiat berharga bagi kesehatan.

 
  Incoming Keywords: Buah nanas mengandung vitamin

,

Comments are closed.