Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Terdapat banyak sekali manfaat buah pisang bagi kesehatan, oleh karena itu tidak mengherankan bahwa orang-orang di segala usia suka memakan pisang. Pisang tidak mengenal musim dan merupakan sumber energi instan yang cukup besar. Pisang secara tradisional telah dikenal sebagai sumber vitamin dan nutrisi esensial. Buah pisang bernilai ekonomis bila dibandingkan dengan buah-buahan lain.

Bagi orang yang menderita depresi, penelitian telah menunjukkan bahwa mereka merasa lebih baik setelah mengkonsumsi buah pisang. Hal ini mungkin dikarenakan oleh tryptophan yang terkandung dalam buah pisang.

Nutrisi dalam buah pisang yang berfaedah

  • Vitamin C dalam pisang membantu tubuh untuk mempertahankan dan menyembuhkan terhadap infeksi.
  • Tidak hanya kaya akan vitamin C, pisang juga mengandung potasium, yang beguna untuk mengurangi gejala hipertensi dan stroke.
  • Pisang mengandung tiga kandungan gula, sukrosa, fruktosa dan glukosa, bersama dengan serat.
  • Buah pisang mengandung vitamin B6 yang membantu sintesis antibodi dalam sistem kekebalan tubuh.
  • Tidak ada buah lain yang mengandung karbohidrat yang lebih mudah dicerna daripada pisang. Hal ini menguntungkan, karena tubuh membakar kalori dari karbohidrat lebih mudah dan cepat daripada kalori dari lemak atau protein.

Apa sajakah manfaat buah pisang?

Sembelit
Buah pisang mengandung serat dan pectin, kedua zat tersebut akan membantu gerakan usus yang sehat. Pectin pisang membantu untuk menyerap air dalam makanan yang dicerna dan dengan demikian membantu dalam hal mengatasi sembelit. Selain itu, pisang juga bermanfaat bagi pasien yang menderita diare, karena membantu untuk mengembalikan elektrolit yang hilang.

Energi
Buah pisang adalah makanan berenergi tinggi yang membuat anda merasa segar sepanjang hari. Makan pisang bisa membuat anda lebih berenergi untuk waktu yang lebih lama dibandingkan dengan energi instan yang diperoleh dari minuman berenergi.

Jantung
Buah pisang sangat tinggi kalium dan rendah sodium, perbandingan ini menjadikannya sebagai makanan yang cocok untuk jantung sehat. Kalium adalah mineral yang berguna yang membantu menyeimbangkan tingkat elektrolit serta membantu dalam pengaturan tekanan darah.

>>  Sejarah Singkat Perjalanan Buah Pisang

Anemia
Anemia adalah kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen dalam darah ke berbagai sel dan jaringan tubuh. Kekurangan zat besi menyebabkan berkurangnya produksi hemoglobin dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Dengan demikian, pisang yang tinggi zat besi merupakan makanan terbaik untuk mengobati anemia.

Manfaat pisang yang lain

  1. Bagi orang yang nafsu makannya berkurang tentunya tubuh menjadi kurang berenergi. Pisang sangat bermanfaat bagi orang tersebut sebagai pengganti makanan utama.
  2. Manfaat buah pisang selama masa kehamilan dapat membantu dalam menjaga kadar gula tinggi dan juga membantu dalam memerangi penyakit terkait dengan kehamilan.
  3. Pisang dapat bermanfaat bagi orang-orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Ketika seseorang berhenti merokok, tubuh umumnya membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan kadar nikotin yang menurun. Vitamin B6 dan B12, yang dikandung pisang dapat membantu dalam menstabilkan tubuh.
  4. Pisang dicampur dengan madu dan vanili dapat membantu dalam melembutkan rambut. Hal ini karena adanya minyak kalium di dalamnya.
  5. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan pisang 4 sampai 6 kali seminggu, mengurangi resiko terserang penyakit kanker ginjal dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah pisang.
  6. Pria dapat meningkatkan kesuburan mereka dengan makan pisang secara teratur setiap tiga hari.
  7. Kulit pisang bagian dalam(berbentuk seperti sehelai pita tipis) dapat mengatasi pembengkakan akibat gigitan nyamuk dan juga rasa gatal.

Dengan begitu banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan, janganlah lupa untuk memasukkan buah pisang ke dalam menu makanan harian.

,

Comments are closed.