Meningkatkan Kualitas Tidur + Jam Tidur Kurang

Tidur selama 8 jam adalah sesuatu yang tidak semua orang di dunia mampu untuk lakukan sekarang ini, di mana waktu sangat berharga. Dalam masyarakat yang kompetitif, orang sering mengurangi waktu tidur mereka dan melakukan sesuatu yang produktif.

Namun, seseorang bisa tidur sebagai kurang 5 jam dan masih merasa energik sepanjang hari asalkan orang tersebut memiliki kualitas tidur yang baik. Jadi jika anda bertanya bagaimana tidur kurang tetapi dapat memiliki banyak energi, hal penting yang perlu anda lakukan adalah meningkatkan kualitas tidur anda.

Pola Tidur

Ketika kita tidur, 1 sampai 2 jam pertama kita berada dalam kondisi tidur yang nyenyak. Selama tidur nyenyak darah mengalir ke otot dan sel-sel untuk memperbaiki kerusakan(regenerasi). Setelah itu tubuh kita kadang juga bergerak sewaktu tidur. Pada tahap ini, otak kita mulai dalam proses memori sehingga kadang kita bermimpi.

Meningkatkan Kualitas Tidur

  • Bagi mereka yang bertanya-tanya bagaimana untuk memiliki lebih banyak energi sementara jam tidur kurang, terkena sinar matahari selama setidaknya satu jam adalah solusi ideal dan murah. Ketika sinar matahari mengenai kulit kita, tubuh kita menghasilkan zat kimia(melatonin). Tubuh kita perlahan-lahan melepaskan melatonin sebagai pemicu alami yang dapat membuat kita dapat mengatasi gangguan tidur.  
  • Ketika suhu tubuh menurun beberapa derajat, maka orang dapat mengantuk. Di malam hari, suhu tubuh menurun dan pada saat yang sama denyut jantung dan tekanan darah juga turun. Maka itu juga lebih baik untuk tidur di ruangan yang bersuhu lebih dingin untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.
  • Ketika mata kita melihat lebih banyak cahaya, otak mendapat sinyal bahwa kita harus bangun. Jadi disini untuk dapat tidur lebih baik adalah bahwa orang harus tidur dalam suasana gelap.
  • Otak kita juga mengikuti jadwal. Jika anda mempunyai jadwal tidur tetap, otak anda akan terlatih untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama. Tetapi jika anda tidak memiliki jadwal tidur yang teratur maka otak anda tidak dapat memahami pola tidur dan tidak tahu kapan harus tidur dan kapan harus bangun. Jadi mulailah melatih otak anda dengan membuat jadwal tidur. Pada mulanya anda mungkin memerlukan jam alarm untuk mengatur pola tidur tetapi setelah beberapa minggu-secara alami anda akan tertidur dan bangun pada waktu yang diinginkan.

Poin-poin di atas akan memastikan bahwa anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, sehingga anda akan penuh energi setelah terbangun. Tetapi jika anda tidur hanya selama 5 sampai 6 jam, penting bagi anda untuk tidur di waktu siang, tapi tidak lebih dari 30 menit. Selama periode ini anda dapat membiarkan otak untuk menyelesaikan proses memori yang menenangkan pikiran dan membuat anda lebih berenergi. Terlepas dari ini, melakukan diet kafein juga akan meningkatkan kualitas tidur. Anda juga dapat mencoba mandi air hangat atau minum secangkir susu hangat yang berfungsi sebagai alat bantu tidur yang efektif.

 
  Incoming Keywords: cara mendapatkan kualitas tidur yang baik, cara mengatasi Kualitas tidur yang buruk, penyebab kurang nya kualitas tidur

Comments are closed.