Pengalaman Keluar dari Tubuh

Pengalaman keluar dari tubuh juga disebut proyeksi astral, yaitu seseorang yang dapat meninggalkan tubuhnya dan mengamati dirinya sendiri dari luar tubuhnya. Pengalaman akan kemampuan proyeksi astral ini juga lazim disebut meraga sukma atau raga pati.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 10% dari manusia mempunyai pengalaman keluar dari tubuh, sekali dalam hidupnya. Hal ini dapat terjadi kepada siapapun juga dan di setiap sikon. Sebagian besar orang mengalami hal ini saat mereka sedang tidur, beristirahat atau bermimpi. Orang lain mungkin dapat mengalaminya ketika sakit atau di bawah pengaruh obat.

Beberapa orang mungkin mengalami pengalaman proyeksi astral saat sedang dibius, ketika sedang dioperasi di rumah sakit. Seseorang juga bisa mengalaminya ketika dia hampir mati atau disebut juga mati suri.

Bagaimanakah hal itu dapat terjadi?

Beberapa orang dapat melakukannya dengan menggunakan berbagai teknik. Mereka bahkan membuat catatan dari hal-hal yang mereka jalani selama memiliki pengalaman keluar dari tubuh. Namun pengalaman dari orang-orang yang telah menjalaninya, kadang berbeda dengan mereka yang telah mengalaminya secara spontan.

Penelitian masih terus berlangsung untuk mengetahui mengapa orang dapat mengalami keluar dari tubuh. Beberapa peneliti menunjukkan bahwa pengalaman tersebut hanyalah ilusi astral yang sederhana, yang disebabkan oleh fungsi otak. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa pengalaman keluar dari tubuh dapat dialami sebagai kesadaran dan tubuh adalah entitas yang terpisah dan karena itu bisa ada tanpa satu sama lain. Beberapa orang menganggap pengalaman tersebut sebagai fenomena psikologis. Mereka mengatakan bahwa orang mungkin menciptakan atau membangun pengalaman dari hal-hal yang sebelumnya dipelajari atau kenangan yang tersimpan.

Setiap orang yang memiliki pengalaman keluar dari tubuh memiliki titik pandang yang berbeda-beda. Beberapa orang mengatakan bahwa mereka merasa dirinya menjadi seringan kapas, sementara yang lainnya mengatakan bahwa mereka merasa bingung dan takut karena mereka berpikir bahwa mereka sedang sekarat dan tidak pernah akan kembali ke tubuh mereka. Jika kematian tiba-tiba menjemput anda, bagaimanakah perasaan anda, bingung ataukah takut?

>>  Materialisme Dalam Masyarakat

,

Comments are closed.