Akibat Overdosis Vitamin D

Overdosis vitamin D dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius. Artikel ini akan memberi informasi lebih lanjut tentang gejala dan metode pengobatan dalam kondisi tersebut.

Vitamin merupakan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh kita. Ada berbagai jenis vitamin yaitu, vitamin A, B, C, D, E, K. Yang melakukan fungsi yang berbeda dalam tubuh kita. Vitamin dapat larut dalam air serta larut dalam lemak dan dapat diperoleh dari sumber tanaman serta sumber hewan.

Tinjauan Vitamin D

Vitamin D adalah kelompok vitamin yang larut dalam lemak dan penting untuk penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh kita. Di antara 5 jenis vitamin D (D1, D2, D3, D4, D5), D2 (ergocalciferol) dan D3 (cholecalciferol) adalah yang paling penting dan esensial. Vitamin D sangat penting untuk metabolisme kalsium dan fosfor dan juga untuk menjaga tingkat normal dalam tubuh. Hal ini membantu dalam membuat tulang kuat dan  sebagai pencegahan penyakit seperti rakhitis, osteomalasia dan rheumatoid arthritis. Hal ini juga sangat penting dalam berfungsinya sistem kekebalan tubuh. Sinar matahari langsung adalah sumber yang paling penting dan yang utama dari vitamin D, selain itu juga dapat diperoleh dari susu, kuning telur, ikan, hati dan minyak ikan. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang lebih kecil, maka perlu untuk memiliki dosis yang memadai untuk mencegah terjadi defisiensi. Namun karena beberapa alasan, kelebihan vitamin D dapat terjadi pada tubuh seseorang. Hal ini dikenal dengan overdosis vitamin D atau hypervitaminosis vitamin D.

Overdosis Vitamin D

Seperti disebutkan di atas, kebutuhan harian vitamin D sangat rendah pada manusia. Pada orang dewasa hanya 5 mcg vitamin yang diperlukan tiap hari, yaitu 1-10 menit terkena sinar matahari langsung. Namun jika seseorang mengkonsumsi dosis yang lebih besar untuk jangka waktu lama, dia pasti akan menderita overdosis. Overdosis terjadi tidak disebabkan karena sinar matahari maupun dari mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D di dalamnya. Sebaliknya, hal itu dapat terjadi ketika seseorang memiliki asupan yang lebih besar dari suplemen vitamin D atau mengkonsumsi minyak ikan dalam jumlah besar setiap hari. Karena merupakan vitamin yang larut dalam lemak, maka akan disimpan dalam tubuh, yang akan dapat menghasilkan efek samping yang parah.

>>  Manfaat dan Sumber yang Kaya Vitamin B12

Tanda dan Gejala

Gejalanya tidak spesifik dan karenanya sulit untuk mengidentifikasi dan mendiagnosa kondisi ini. Berikut ini adalah diantara tanda-tanda gejala overdosis vitamin D;

Mudah lelah
Muntah
Mual
Sembelit
Gugup
Sifat lekas marah
Dehidrasi

Selain gejala-gejala ini, beberapa efek samping yang lain akan muncul jika kadar vitamin D meningkat secara berlebihan. Hal ini dapat mengakibatkan batu ginjal atau gagal ginjal. Di sisi lain, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan tidak berfungsinya organ vital lainnya. Dan yang lebih berbahaya, pada wanita hamil, overdosis vitamin D dapat menyebabkan keterbelakangan mental pada bayi.

Pengobatan

Jika didiagnosis terbukti overdosis, maka disarankan untuk segera membatasi asupan vitamin D dari sumber apapun. Seperti disebutkan di atas, overdosis biasanya terjadi akibat kelebihan konsumsi suplemen, oleh karena itu seseorang harus mengkonsumsi suplemen vitamin hanya dengan resep dokter atau rekomendasi.

Kita harus ingat bahwa vitamin harus dikonsumsi hanya dalam jumlah yang diperlukan dan tidak berlebihan. Selain itu juga harus menyadari konsekuensi dari overdosis dan mencegah terjadinya overdosis vitamin D.

,

Comments are closed.