Tips Merawat Rem Sepeda Harian

Sepeda adalah salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan menggunakan sepeda sebagai harian maka perawatan sepeda harus diperhatikan, hal ini termasuk dalam merawat rem sepeda. Rem sepeda memberikan keamanan maksimum dan kenyamanan bagi pengendara.

Model rem yang paling sering digunakan pada zaman ini umumnya adalah rem normal atau konvensional, yang menggunakan bantalan rem untuk membuat gesekan di sekitar tepi roda untuk menghentikan laju roda, sedang yang lain adalah rem cakram yang melekat pada roda sepeda untuk mengurangi gaya sentrifugal roda.

Menyetel & Merawat Rem Sepeda

Menyetel Rem
Agar perjalanan selalu terasa aman, maka selalu penting bagi sepeda untuk memiliki rem yang bekerja dengan baik. Rem tidak boleh terlalu ketat atau terlalu longgar.

Pada dasarnya ada dua baut untuk mengatur rem dengan tepat. Baut pertama ini terletak di tengah-tengah bracket dan digunakan untuk menyeimbangkan tekanan dari bantalan rem. Mengetatkan atau melonggarkan baut ini menyeimbangkan tekanan dari bantalan rem. Baut kedua digunakan untuk menambah tekanan kawat rem. Penyetelan untuk rem cakram lebih sederhana, seperti rem diperketat atau dibuat kendor dengan hanya menyesuaikan bautnya. Pengetatan ini meningkatkan kekuatan pengereman, sedangkan melonggarkan baut akan mengurangi gaya pengereman.

Mengganti Kabel Rem
Ketika anda menekan tuas rem yang ada di pegangan sepeda, kabel rem ditarik, mengaktifkan mekanisme rem. Penggunaan sepeda sehari-hari akan membuat kabel rem semakin aus dan rantas. Jika tidak diganti maka kabel dapat saja putus.

Meminyaki Rem
Kabel rem tertutup dalam tabung plastik berongga dengan diameter yang sangat kecil. Anda harus meminyaki kawat dengan seksama sebelum anda memasukkannya ke dalam tabung. Meminyaki kawat rem memastikan untuk mengaktifkan mekanisme rem ketika menarik tuas rem. Meminyaki baut rem juga merupakan bagian penting dari perawatan rem sepeda.

>>  Makanan Minuman Wajib Dihindari Sebelum Naik Pesawat

Sebagai keterangan lebih lanjut tentang merawat rem sepeda harian, sebaiknya anda meminyaki kawat rem sebulan sekali dan mengganti kawat rem setahun sekali. Dengan merawat rem sepeda secara teratur, anda akan bisa mendapatkan kepercayaaan diri untuk dapat bersepeda dengan aman dan nyaman.

 
  Incoming Keywords: baut rem sepeda, cara mengencangkan rem sepeda

, , ,

Comments are closed.