Manfaat Buah Anggur Merah Bagi Kesehatan

Ada beberapa manfaat buah anggur merah bagi kesehatan yang kita tidak pernah pikirkan atau tidak pernah terlintas dalam pikiran kita. Mari kita lihat bagaimana kita bisa mendapatkan keuntungan dengan mengkonsumsi buah anggur merah bagi kesehatan.

Anggur merah adalah salah satu makanan ringan yang menjadi buah favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan terasa segar. Anggur merah memiliki manfaat lebih banyak dibandingkan dengan anggur hijau, di samping itu anggur merah memiliki kalori lebih rendah dari anggur hijau.

Anggur merah diyakini mempunyai manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan anggur hijau. Dari berbagai macam varietas anggur merah di dunia, semunya mempunyai kemampuan untuk mencegah kanker. Anggur merah merupakan salah satu anggur terbaik. Mungkin saja anda pernah menemukan data medis yang mengatakan tentang manfaat anggur merah untuk mengobati penyakit jantung.

Terdapat lebih dari 200 varietas anggur merah di seluruh dunia. Studi telah menunjukkan bahwa buah anggur merah memiliki manfaat untuk mencegah kanker dan juga diyakini sebagai obat anti penuaan.

Nutrisi anggur merah

Nilai gizi yang tepat dari anggur merah juga agak berbeda dengan yang lain. Anggur merah mengandung air hingga 80%. Sesuai fakta analisis gizi, anggur merah mengandung resveratrol dan polifenol yang membantu dalam pengobatan penyakit jantung, kanker, dan gangguan peradangan. Berikut adalah gizi anggur merah per 100 gram:

  • Gula 15g
  • Kalori 100
  • Karbohidrat 18g
  • Kolesterol 0mg
  • Kalsium 10mg
  • Lemak 0g
  • Protein 1g
  • Serat 1g
  • Sodium 2mg
  • Vitamin C 27%
  • Vitamin A 2%
  • Zat Besi 3%

Manfaat anggur merah

Anggur merah mengandung flavonoid, yaitu quercetin dan resveratrol. Flavonoid ini tidak terdapat pada anggur hijau. Flavonoid merupakan senyawa polifenol yang memberikan warna merah cemerlang pada buah anggur merah. Selain memberikan warna, terdapat manfaat kesehatan lain dari flavonoid pada buah anggur merah.

>>  Mangga dan Khasiatnya untuk Pengobatan Herbal

ResveratrolManfaat buah anggur merah
Resveratrol adalah bahwa senyawa polifenol yang memberikan warna pada anggur merah. Studi dan penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dapat mencegah penyakit jantung dan juga kanker. Semakin gelap warna anggurnya, kandungan resveratrol juga semakin banyak.

Quercetin
Quercetin adalah salah satu kandungan yang paling penting flavonoid pada buah anggur merah. Quercetin bertugas sebagai antioksidan dengan mencegah kolesterol dan juga membantu dalam pengobatan alergi.

Saponin
Saponin adalah senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Hal ini juga mencegah penyerapan kolesterol dalam aliran darah yang berarti mempunyai peran penting dalam mencegah penyakit jantung.

Anggur merah dapat mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol, mencegah kanker dengan menghentikan atau mencegah pertumbuhan sel kanker. Anggur merah juga mengandung Vitamin B yang membantu otot dan sistem saraf bekerja dengan baik. Oleh sebab itu dapat memberikan energi pada orang yang terkait kegiatan fisik.

Anggur merah menjadi salah satu makanan alami terbaik. Banyak hal yang dapat diolah dari anggur merah mulai dari selai, jeli, jus, dan minuman anggur. Buah anggur merah bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena tidak ada efek samping apapun jika dikonsumsi dalam jumlah moderat.

,

Comments are closed.