Hubungan Vitamin D dan Rambut Rontok

Apakah hubungan antara kekurangan vitamin D dan rambut rontok? Benarkah vitamin D hanya penting untuk kesehatan tulang?

Vitamin D sering disebut sebagai vitamin sinar matahari, karena dapat dengan mudah dikembangkan oleh tubuh setelah terkena sinar matahari pagi. Namun sedikit dari kita yang menyadari jika kita jarang menghabiskan waktu di bawah sinar matahari pagi. Situasi ini membuat kadar vitamin D lebih rendah di dalam tubuh yang muncul dengan disertai beberapa gejala kekurangan vitamin D. Salah satu gejala adalah rambut rusak, kehilangan warna rambut alami, dan kerontokan pada rambut.

Hubungan Vitamin D dengan Rambut Rontok

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang diperlukan untuk penyerapan kalsium. Banyak persepsi yang mengatakan bahwa kalsium hanya berguna untuk kesehatan tulang, kenyataannya adalah bahwa hal itu juga diperlukan untuk kesehatan rambut yang kuat. Ketika vitamin D lebih rendah dalam tubuh, kadar kalsium akan terpengaruh, yang pada gilirannya mempengaruhi tubuh termasuk menyebabkan rambut rontok. Vitamin D juga membantu folikel rambut dan kandungan asam lemak dalam memperkuat rambut. Kandungan asam lemak mengatur produksi minyak alami di kulit kepala dan membantu mencegah ketombe. Dengan demikian kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rambut rontok.

Rambut rontok dapat disebabkan karena beberapa alasan lain. Untuk menentukan apakah vitamin D adalah penyebab sesungguhnya, anda harus mengunjungi dokter dan menemukan penyebab masalah. Jika hal tersebut benar, mungkin anda akan diminta untuk mengubah pola makan dan mungkin juga akan diberikan suplemen gizi.

Meningkatkan Vitamin D untuk Mengurangi Rambut Rontok

Seperti disebutkan sebelumnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter mengenai apakah itu sebenarnya kekurangan vitamin sinar matahari yang menyebabkan rambut rontok. Jika benar, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan dan makanan tertentu yang bisa anda konsumsi, yang akan membantu untuk memerangi masalah ini.

  • Cobalah untuk terkena sinar matahari pagi sekurang-kurangnya selama 5 menit. Waktu dapat berkisar antara jam 6 sampai jam 9.
  • Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin D. Makanan ini termasuk susu dan ikan seperti sarden.
>>  Manfaat dan Sumber Vitamin B1

Jangan mengkonsumsi suplemen vitamin D tambahan kecuali telah diresepkan oleh dokter. Kelebihan vitamin D dalam tubuh bisa menyebabkan keracunan karena merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan tidak bisa diekskresikan dengan mudah. Bahkan ketika anda beralih ke metode alami yang membantu meningkatkan kadar vitamin D, seperti menghabiskan waktu di bawah sinar matahari atau mengubah pola makan, jangan melakukannya secara berlebihan. Menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari akan membuat kulit semakin gelap karena akan meningkatkan produksi melatonin dalam tubuh. Cukup ikuti metode tersebut dengan cara yang tepat untuk memerangi masalah rambut rontok.

, ,

Comments are closed.