Gejala Asma Pada Anak-Anak

Gejala asma pada anak dapat diawali dengan tanda-tanda batuk dan sesak nafas. Artikel ini akan memberi informasi lebih lanjut tentang gejala asma pada anak dari gejala yang ringan dan sampai yang berat.

Penyakit asma adalah gangguan paru-paru yang disebabkan ketika saluran udara di paru-paru meradang. Ini adalah salah satu kondisi yang paling umum dialami oleh anak-anak dan bayi di seluruh dunia. Pada dasarnya lebih mudah untuk mendiagnosa kondisi ini pada orang dewasa, namun agak sulit untuk mendiagnosa pada anak-anak. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui gejala asma pada anak yang akan dapat membantu dalam mendiagnosa penyakit asma.

Penyebab asma pada anak

Penyebab asma secara pasti belum diketahui. Kondisi ini diyakini muncul ketika anak menderita pilek, influenza, atau gangguan pernapasan lainnya. Selain itu, debu dan polusi dapat menyebabkan serangan asma. Ada beberapa pemicu asma yang mengarah pada kondisi ini seperti tungau, serbuk sari, jamur, udara dingin, asap rokok, bulu binatang, obat-obatan tertentu, dsb. Bila anak yang menderita asma terkena salah satu faktor pemicu yang disebutkan di atas maka dia akan terkena serangan asma. Hal ini terjadi ketika saluran udara menjadi sempit dan otot-otot berkontraksi. Sehingga kondisi ini menyebabkan peradangan pada membran dinding bagian dalam untuk menghasilkan lendir berlebih. Sebagai akibat dari kondisi gejala asma ini, anak cenderung susah bernapas dan udara yang mengalir di saluran udara menjadi terganggu.

Ada pula jenis lain dari asma yang disebabkan karena aktivitas atau kegiatan yang berlebihan seperti olahraga. Gejala asma pada anak ini terjadi karena paru-paru anak yang terlalu sensitif dan tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan suhu dan kelembaban secara cepat.

>>  Faktor Penyebab Asma

Gejala asma pada anak

Gejala asma pada anak berkisar dari yang ringan sampai yang berat. Berikut ini adalah gejala asma ringan pada bayi dan anak-anak:

  • Sesak napas
  • Batuk
  • Mengi
  • Sesak dan nyeri dada

Beberapa gejala asma berat dapat diamati pada anak-anak, meliputi:

  • Rasa terbakar pada saluran hidung
  • Berbicara terputus-putus
  • Agitasi
  • Sering batuk terlebih pada malam hari
  • Kurang energi selama beraktivitas
  • Retraksi di dada
  • Sering merasa lemah atau lelah

Gejala-gejala asma menjadi lebih parah di waktu malam hari. Anak-anak cenderung sering untuk batuk pada malam hari dan bahkan mengalami sesak nafas yang dapat menyebabkan terbangun di malam hari, atau juga dengan nafas yang berbunyi. Sulit untuk menilai keparahan dari kondisi dan karenanya adalah penting untuk berkonsultasi dengan dokter sedini mungkin ketika terjadi gejala-gejala demikian.

Seiring dengan obat-obatan, seorang anak harus dijauhkan dari faktor penyebab asma. Anak-anak juga harus diajarkan pola gaya hidup yang tepat agar suatu hari nanti dapat melakukan tindakan yang tepat jika terdapat gejala asma.

, ,

Comments are closed.