Gejala Kekurangan Vitamin B

Vitamin B adalah salah satu vitamin yang penting untuk kesehatan, yang sebenarnya merupakan kelompok vitamin larut air. Berbagai gejala kekurangan vitamin B akan dijelaskan pada artikel di bawah ini.

Vitamin B adalah kombinasi dari sembilan vitamin larut dalam air yang berperan dalam fungsi tubuh. Inilah alasan mengapa istilah vitamin B lebih tepat disebut sebagai vitamin B kompleks. Kesembilan vitamin termasuk vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, B8 vitamin, vitamin B9 dan vitamin B12. Fungsi dari masing-masing vitamin muncul dalam berbagai proses seperti metabolisme, perkembangan dan pertumbuhan sel, reproduksi, dsb.

Kekurangan Vitamin B

Thiamin
Kekurangan vitamin B1 yang juga dikenal sebagai tiamin, akan membuat hilangnya nafsu makan, gangguan pencernaan, sembelit, lemah otot, denyut nadi lebih lambat, depresi dan mudah tersinggung. Gejala kekurangan tiamin juga termasuk insomnia.

Riboflavin
Vitamin B2 juga dikenal sebagai riboflavin. Gejala kekurangan vitamin B2 secara umum termasuk mata merah, rasa terbakar di mata, dan gatal-gatal. Orang yang kekurangan vitamin B jenis ini juga dapat menjadi terlalu peka terhadap cahaya. Gejala kekurangan vitamin B2 juga terkait dengan masalah kulit, termasuk kulit pecah-pecah, kulit mudah berkeriput, nyeri di sekitar bibir dan kulit berminyak. Rambut kusam dan katarak adalah gejala kekurangan vitamin B2 juga yang mungkin timbul.

Niacin
Gejala yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B3, yang juga dikenal sebagai niacin, dapat membuat badan menjadi mudah lesu, nafsu makan yang buruk, sakit kepala. Beberapa orang mungkin mudah menjadi pelupa sebagai akibat dari defisiensi niacin, atau juga terkena masalah pencernaan, masalah gastrointestinal dan dermatitis.

Asam pantotenat
Gejala yang disebabkan oleh kekurangan vitamin ini termasuk mati rasa dan mudah lelah. Kemudian dengan kondisi yang lebih parah dapat menyebabkan gejala seperti muntah dan diare.

>>  Vitamin untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Piridoksin
Gangguan yang terkait dengan anemia dan malaise merupakan gejala yang terjadi sebagai akibat dari kekurangan vitamin B6 atau pyridoxamine. Kekurangan vitamin ini dapat pula disertai dengan insomnia, lekas marah, mudah gugup, dan kejang-kejang.

Biotin
Vitamin B7 atau biotin, berkaitan dengan kesehatan rambut, kekurangan vitamin B jenis ini dapat menyebabkan sejumlah masalah rambut. Gejala umum yang dapat diperhatikan antara lain adalah rambut rontok, rambut kering dan kasar, serta rambut kusam. Gangguan kulit juga dapat menyebabkan penyakit eksim kulit.

Folic Acid
Salah satu efek yang paling parah dari kekurangan vitamin B9 atau asam folat adalah pada ibu hamil. Kekurangan vitamin B jenis ini dapat mengakibatkan anak lahir dengan cacat dan kelahiran prematur. Selain ini, kekurangan asam folat dapat menyebabkan penurunan berat badan, nafsu makan yang buruk, lidah sakit, anemia, mudah marah, dan denyut jantung yang cepat atau tidak teratur.

Cobalamin
Orang-orang yang mengalami masalah seperti kurang konsentrasi, depresi dan gangguan tidur, mungkin akibat dari kekurangan vitamin B12, yang juga dikenal sebagai cobalamin.

Gejala-gejala kekurangan vitamin B yang disebutkan di atas juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis lain dan belum tentu disebabkan karena kekurangan vitamin B. Bersikaplah bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum anda mengkonsumsi suplemen vitamin.

 
  Incoming Keywords: akibat kurang vit b komplek, ciri ciri dan gejala kurang vitamin b

, , , ,

Comments are closed.