Serangan Asma Selama Kehamilan

Asma selama masa kehamilan jika tidak diobati dapat menyebabkan ancaman serius bagi kehidupan ibu dan bayi. Penyakit asma adalah gangguan kronis pada sistem pernapasan di mana terjadi peradangan pada saluran udara. Hal ini dipicu karena iritasi pada lapisan saluran udara yang disebabkan oleh alergen, iritasi, infeksi, kondisi cuaca dingin, perubahan hormonal dan sebagainya. Serangan asma akan muncul dengan gejala kesulitan bernapas, mengi, sesak dada, batuk, dsb.

Cara Mengobati Asma Selama Kehamilan

Banyak wanita hamil mencoba untuk menghindari pengobatan asma selama kehamilan karena mereka merasa bahwa obat-obatan dapat menyebabkan dampak buruk pada bayi. Memang benar bahwa mengkonsumsi obat asma mungkin tidak baik untuk bayi tetapi serangan asma yang tidak terkontrol selama kehamilan dapat menjadi lebih buruk. Hal ini mengurangi jumlah pasokan oksigen ke ibu dan janin.

Untuk perawatan selama kehamilan, ibu hamil harus harus memberitahukan ke dokter kandungan tentang obat-obatan yang mungkin dipakai.

Obat yang paling populer digunakan untuk mengobati asma selama kehamilan adalah inhaler steroid. Pemakaian inhaler dapat membuka saluran udara dan meredakan gejala asma. Cara ini juga dapat disertai dengan obat steroid atau suntikan. Dosis obat-obatan tergantung pada frekuensi serangan asma dan tingkat gejala.

Mencegah Serangan Asma

Seiring dengan pengobatan, anda harus mengambil langkah-langkah untuk mengontrol gejala asma. Beberapa tips dalam hal ini adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil yang perokok harus menghentikan kebiasaannya segera. Merokok dapat menyebabkan serangan asma berat.
  • Pastikan bahwa rumah dan lingkungan kerja bebas dari iritasi lingkungan seperti kotoran, debu, jamur.
  • Jangan keluar rumah dalam kondisi cuaca dingin. Jika anda harus pergi, mungkin anda dapat menutupi mulut dan hidung dengan dengan syal.
  • Rebus 8 bawang putih dalam segelas susu selama 10 menit. Biarkan dingin dan kemudian meminumnya.
>>  Cara Mencegah Serangan Asma

Tujuan utama dari perawatan pencegahan asma ini adalah untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Anda dapat mencegah dan mengendalikan serangan asma dengan perawatan medis yang tepat, pemantauan rutin dan beberapa tindakan untuk mencegah serangan penyakit asma yang sesuai.

,

Comments are closed.