Kekurangan Protein Penyebab Rambut Rontok

Kekurangan protein dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada pria dan wanita. Apakah alasannya? Artikel ini akan memberikan wawasan lebih lanjut mengenai hubungan kekurangan protein dan rambut rontok.

Protein adalah salah satu nutrisi paling penting yang diperlukan oleh tubuh. Protein dibutuhkan dalam jumlah kecil asal sesuai dengan kebutuhan, dan berguna untuk melaksanakan fungsi yang yang bermacam-macam dari tubuh. Protein juga merupakan fondasi tubuh karena membantu dalam pembentukan dan perbaikan sel. Pada saat yang sama, protein juga menjadi hal yang penting untuk pertumbuhan, kesehatan kuku, dan kelestraian rambut di dikepala. Karena protein tidak tersimpan di dalam tubuh, maka sangat penting untuk melakukan asupan rutin melalui makanan yang tepat ataupun lewat suplemen. Salah satu gejala atau efek samping dari kekurangan protein adalah kerontokan rambut.

Rambut rontok karena kurang protein

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh kaum pria dan wanita di seluruh dunia. Ada beberapa alasan penyebab rambut rontok seperti penggunaan kosmetik rambut yang tidak cocok, obat-obatan tertentu, kekurangan protein dan vitamin. Yang menjadi pertanyaan, terdapat hubungan apakah antara kekurangan protein dan rambut rontok?

Rambut manusia terdiri dari protein. Bahkan rambut mengandung hingga 90% dari protein. Protein juga penting untuk memperbaiki sel rambut. Oleh karena itu, kekurangan protein pada tubuh dapat menyebabkan rambut rontok. Perlu dipahami bahwa di antara gejala yang berbeda dari kekurangan protein, rambut rontok menjadi salah satu akibat kekurangan protein yang paling menonjol. Gejala defisiensi protein lainnya termasuk kuku yang rapuh, kebotakan dini, dsb. Oleh sebab itu, untuk mencegah rambut rontok, anda perlu meningkatkan asupan makanan yang mengandung protein tinggi.

Bagaimana cara mencegah kekurangan protein?

Jika anda mengikuti rutinitas perawatan rambut yang tepat dan benar, tetapi masih juga tetap menderita kerontokan rambut, maka ada kemungkinan anda sedang mengalami kekurangan protein. Mempunyai pola makan yang tinggi protein adalah salah satu perawatan rambut yang terbaik dan paling efektif. Protein dapat ditemukan dalam berbagai makanan vegetarian maupun non vegetarian. Namun, pada makanan vegetarian, protein hanya dapat ditemukan dalam jumlah yang lebih kecil dan oleh sebab itu orang-orang yang berpantang makan makanan yang diperoleh dari sumber hewani  mengalami rambut rontok lebih banyak daripada mereka yang non vegetarian. Di antara sumber-sumber makanan non vegetarian, protein dapat ditemukan pada makanan seperti telur, ikan, ayam, dsb. Di sisi yang berbeda, kacang-kacangan, susu, keju, tahu, kacang kedelai, kesemuanya ini juga merupakan sumber protein vegetarian. Anda dapat dengan mudah memasukkan menu makanan ini untuk mengobati rambut rontok yang disebabkan oleh kekurangan protein.

>>  Daftar Sayuran Tinggi Protein

Jika anda menderita kekurangan protein dan menjadi telah berkembang lebih parah, maka diperlukan suplemen penyebab rambut rontokprotein. Demikian pula, vitamin tertentu seperti vitamin B kompleks juga dapat membantu dalam pengobatan rambut rontok. Suplemen vitamin juga harus disesuaikan dengan dosis yang tepat untuk menghindari overdosis dan toksisitas. Suplemen vitamin juga harus dikonsumsi hanya dalam jumlah yang ditentukan. Namun, akan lebih baik untuk mengkonsumsi makanan alami yang kaya akan protein seperti telur, kacang-kacangan, ikan bakar, daripada hanya sebatas mengkonsumsi suplemen setiap hari.

Seperti telah dijelaskan di atas, kekurangan protein tidak hanya berhubungan dengan rambut rontok, tetapi juga pada seluruh tubuh. Dengan mengetahui makanan berprotein tinggi di atas, anda dapat memasukkannya ke dalam program diet harian anda. Dengan pola makan yang sehat dan tinggi protein, anda akan dapat menghindari rambut rontok lebih parah.

 
  Incoming Keywords: rambut rontok kurang vit ?, kenapa kekurangan protein bisa menyebabkan rambut rontok, masalah rambut kurang protein

, ,

Comments are closed.