Mengapa Olahraga itu Penting

Tubuh manusia bagaikan sebuah mesin. Jika mesin tidak digunakan, maka akan berkarat dan rusak. Sama halnya dengan tubuh manusia juga. Dengan pola gaya hidup kita yang terlalu sibuk, jarang sekali kita memikirkan berolahraga. Karena ini kita mudah terserang sejumlah penyakit fisik maupun psikologis. Otot-otot tubuh juga menjadi lemah karena jarang dilatih. Persendian menjadi kaku dan rentan terhadap cedera. Karena itu, kita akan mencoba untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mengapa olahraga itu penting.

Pentingnya Berolahraga

Mengapa orang berolahraga? Para ahli berpendapat, bahwa setiap orang harus berolahraga selama 30 menit atau 60 menit setiap hari.

Berat Badan
Setiap bentuk olahraga akan membantu proses penurunan berat badan. Olahraga seperti aerobik, berjalan, joging, berenang, bersepeda, akan membantu dalam membakar kalori. Hal ini akan juga membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Lemak dalam tubuh akan berkurang dengan olahraga yang teratur.

Meningkatkan Stamina
Seringkali kita merasa mudah lelah atau tidak dapat melakukan aktivitas secepat yang kita inginkan. Hal ini disebabkan stamina yang rendah. Salah satu jawaban atas pertanyaan mengapa olahraga penting untuk kesehatan adalah untuk meningkatkan stamina. Dengan olahraga teratur tubuh dilatih untuk menggunakan lebih sedikit energi dalam melakukan sejumlah pekerjaan. Hal ini juga membuat tubuh lebih efisien dalam pengelolaan energi, yang membantu dalam meningkatkan stamina.

Postur Tubuh
Pentingnya olahraga juga berdampak ke postur tubuh yang baik. Seseorang yang suka berolahraga secara teratur lebih sering untuk dapat memiliki postur tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berolahraga dengan teratur.

Psikologis
Ada sejumlah manfaat psikologis dari berolahraga. Hal ini membantu dalam meningkatkan rasa percaya diri. Seseorang yang sering berolahraga secara teratur akan mengurangi depresi daripada orang yang tidak berolahraga. Olahraga membantu dalam melepaskan endorfin dan bahan kimia, yang membantu dalam membuat orang merasa lebih merasa nyaman, damai, dan bahagia.

>>  Permainan Bulutangkis Badminton

Menjauhkan Penyakit
Olahraga ini penting bagi jantung anda. Hal ini membantu dalam mengurangi tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu juga melindungi tubuh terhadap diabetes. Manfaat dari berolahraga rutin termasuk menunda proses penuaan.

Banyak orang bertanya mengapa olahraga penting bagi remaja atau mengapa olahraga penting bagi anak-anak. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini tidak berbeda dari poin yang disebutkan di atas. Jika anda merasa sulit untuk berolahraga di sore hari karena kesibukan aktivitas bekerja, anda dapat memilih untuk berolahraga di pagi hari.

Comments are closed.