Tips Manajemen Waktu di Tempat Kerja

Mengetahui lebih banyak tentang manajemen waktu di tempat kerja akan dapat membuat kita menghargai waktu. Dalam dunia usaha seringkali waktu adalah lebih penting daripada uang.

Waktu adalah faktor yang paling penting bagi seorang profesional. Uang yang ia dapatkan secara signifikan tergantung pada waktu yang berkualitas yang dihabiskannya untuk menjadi produktif. Seorang profesional yang berpengalaman akan mengenal manajemen waktu. Bagi seseorang yang telah berpengalaman mempunyai banyak jam kerja dan bisa mengatur waktunya. Sedangkan seseorang yang masih belum berpengalaman biasanya tidak akan mampu untuk secara efektif mengelola waktu.

Manajemen waktu adalah salah satu keterampilan penting yang harus kita pelajari dalam dunia bisnis. Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu adalah sesuatu yang diharapkan dari semua karyawan, yang hanya dapat dicapai jika waktu dikelola secara efisien.

Manajemen Waktu di Tempat kerja

  1. Pastikan bahwa anda mengetahui tentang peran dan tanggung jawab di tempat kerja.  Saat anda masih baru di perusahaan, mungkin anda belum secara tepat mengetahui apa yang diharapkan dari anda. Ketika tugas tertentu diberikan kepada anda, klarifikasilah semua yang harus anda tahu termasuk pertanyaan yang mungkin anda ingin tanyakan. Selain itu, anda juga perlu mengetahui peranan dari rekan anda, bawahan, dan senior.
  2. Memprioritaskan pekerjaan yang diberikan adalah hal yang penting. Kadang anda mungkin akan diminta untuk melakukan beberapa tugas secara bersamaan. Dalam hal seperti itu, sangatlah penting untuk mengetahui apa pekerjaan yang harus dilakukan terlebih dahulu.
  3. Anda tidak boleh lupa menyelesaikan setiap tugas yang telah terjadwal. Hal-hal lain yang harus dihindari adalah terlalu banyak bersantai dan istirahat panjang, browsing, dan mengobrol dengan rekan-rekan, sementara pekerjaan pokok menjadi tertunda. Hal ini dapat menyebabkan anda untuk bekerja lembur nantinya.
  4. Kerja dengan cepat dan terburu-buru tidak akan selalu menjadi cara untuk sukses. Anda juga harus memperhatikan kualitas kerja.
  5. Banyak orang mempunyai kecenderungan untuk menunda pekerjaan. Mereka memiliki keterampilan yang dibutuhkan dan bakat dalam melaksanakan tugas, tetapi terlalu malas untuk melakukannya dengan segera. Hal ini pada akhirnya menumpuk dan mendunda perkerjaan. Ketika anda tahu bahwa tugas tertentu harus dilakukan dengan cara yang anda dapat lakukan, maka mulailah dengan segera. Hal ini adalah kunci paling penting dalam manajemen waktu dan kesuksesan karir.
>>  Tips Manajemen Waktu yang Efisien

Jika seseorang melangkah ke dunia usaha, dia tentu harus belajar tentang manajemen waktu di tempat kerja. Hal ini tentu akan memungkinkan dia untuk dapat melakukan pekerjaan yang ditugaskan dalam waktu yang diberikan.

Comments are closed.