Sumber Makanan Kaya Kandungan Vitamin A

Vitamin A sangat diperlukan untuk melakukan sejumlah fungsi tubuh yang vital. Sumber makanan vitamin A ini ditemukan dalam banyak makanan, termasuk buah-buahan, sayuran dan daging.

Vitamin umumnya diklasifikasikan sebagai zat yang larut dalam air dan larut dalam lemak. Vitamin A, pada umumnya dikenal dengan retinol, adalah kelompok vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin A

Vitamin A memainkan peran penting dalam banyak fungsi penting dari tubuh manusia.  Selain itu juga diperlukan untuk pertumbuhan tulang, pembelahan sel, dan diferensiasi sel. Vitamin A memiliki efek dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena melawan penyakit pada sel darah putih(leukosit), termasuk limfosit. Sel darah putih ini sangat penting untuk mencegah segala jenis infeksi.

Makanan yang kaya kandungan vitamin A

Sumber makanan dapat diklasifikasikan dari sumber makanan nabati dan hewani. Sumber nabati mencakup buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin ini, sementara sumber hewani termasuk daging dan makanan yang berasal unggas.

Sumber hewani: Dalam sumber makanan hewani terdapat retinol, yaitu salah satu bentuk yang paling penting dari vitamin A, yang diubah menjadi asam retinoat. Beberapa sumber penting ini meliputi daging sapi, ayam, telur, ikan, keju dan makanan laut.

Sumber nabati: Pada sumber makanan nabati terdapat karotenoid. Beberapa karotenoid yang penting adalah karoten dan cryptoxanthin. Melon, mangga, jeruk, apel, semangka, dan kiwi adalah beberapa buah yang mengandung vitamin A. Di antara sayuran, wortel, labu, brokoli, kacang polong, bayam, ubi jalar, lobak, tomat, sawi, adalah sumber makanan yang kaya vitamin A.

Namun, dalam menyimpan dan memasak sayuran dan buah-buahan jika tidak hati-hati dapat mengakibatkan kandungan vitamin A menurun. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyimpan dalam lemari es, minimal membuatnya tetap segar. Buah-buahan mentah dan sayuran dapat memberikan lebih banyak vitamin A daripada yang dimasak, sehingga yang terbaik adalah memakannya mentah.

>>  Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

Tubuh kita memerlukan mineral esensial tertentu seperti seng dan zat besi untuk pemanfaatan yang tepat dari vitamin A. Defisiensi vitamin A dapat memicu sejumlah penyakit pada tubuh manusia. Defisiensi vitamin A biasanya mengakibatkan rabun senja, yang akhirnya dapat menyebabkan kebutaan total. Kekurangan vitamin ini juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang kekurangan vitamin A ini berada pada risiko yang lebih besar terkena penyakit pernapasan dan diare. Studi juga menunjukkan bahwa vitamin A dapat mengurangi dan mencegah penyakit campak. Sumber makanan dengan jumlah vitamin A yang cukup merupakan persyaratan mutlak untuk hidup bebas dari penyakit.

 
  Incoming Keywords: bentuk pangan nabati vit A

,

Comments are closed.