Efek Samping Ekspektoran Obat Batuk

ekspektoran

Ekspektoran juga sering disebut sebagai obat batuk. Namun terdapat fakta bahwa ada efek samping ekspektoran yang tak bisa dipungkiri. Ekspektoran adalah sirup obat batuk untuk mengobati batuk berdahak, sakit tenggorokan, dan kesulitan bernapas. Ekspektoran dapat mengobati pilek dan batuk sesak di dada dan juga digunakan untuk bronkitis akut. Ekspektoran dapat mengurangi probabilitas batuk dengan merembes ke dalam sistem dan membersihkan penumpukan lendir.

Di samping ekspektoran yang banyak diresepkan oleh dokter, guaifenesin dan acetylcysteine adalah dua obat yang juga dipercaya untuk membersihkan lendir dari saluran pernapasan. Namun ada perbedaan antara keduanya, berdasarkan metode di mana obat tersebut digunakan. Guaifenesin dapat digunakan sebagai sirup atau kapsul untuk mengobati pilek dan batuk, di sisi lain acetylcysteine langsung dengan cara dihirup ke trakea dengan bantuan alat.

Efek samping ekspektoran

Adalah suatu keharusan bahwa anda harus membaca petunjuk secara menyeluruh dalam mengkonsumsi sirup obat batuk dan mematuhi dosis. Telah dicatat bahwa bagi sebagian orang, ekspektoran bekerja dengan baik. Namun di samping itu juga menimbulkan efek samping.

  • Sembelit dapat menjadi salah satu efek samping dari ekspektoran. Gerakan usus halus dapat terganggu selama beberapa hari selama seseorang mengkonsumsi ekspektoran. Anda juga mungkin mengalami diare karena efeknya yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan.
  • Rasa mual adalah segmen lain gangguan pencernaan, di mana seseorang merasa ingin muntah. Anda juga mungkin kehilangan nafsu makan dan dengan demikian menjadi lemah.
  • Ekspektoran dapat membuat detak jantung tidak teratur atau cepat. Anda mungkin mengalami sesak nafas disertai dengan nyeri di dada, karenanya kinerja anda sehari-hari akan terpengaruh. Dengan detak jantung yang cepat anda juga akan merasa mudah lelah, disertai ketegangan pada otot.
  • Kulit anda mungkin menjadi rentan terhadap ruam dan dapat menyebabkan anda merasa gatal. Ruam dengan kemerahan pada kulit sering menjadi efek samping ekspektoran. Pembengkakan bagian-bagian tertentu dari tubuh mungkin juga akan dialami.
  • Gangguan tidur adalah efek samping ekspektoran yang telah menjadi gejala umum ekspektoran. Anda mungkin menderita kesulitan tidur atau insomnia.
>>  Penyebab Dada Terasa Terbakar disertai Batuk

Satu hal penting yang harus diingat bahwa ekspektoran harus dikonsumsi sebaiknya ketika telah diresepkan oleh dokter dalam dosis yang dianjurkan, terutama pada obat batuk yang diberikan kepada anak-anak.

 
  Incoming Keywords: coredryl ekspektoran, lasal ekspektoran, lasal sirup ekspektoran, efek samping obat batuk, lasal bisa buat obat batuk nggak?, obat lasal ekspektoran, efek samping ekspektoran, woods ekpetoran, obat lasal ekspektoran sirup, obat batuk lasal ekspektoran

, , ,

Comments are closed.