Nyeri Dada Kanan dan Penyebabnya

Meskipun nyeri dada kanan sering dipandang oleh banyak orang sebagai tanda peringatan masalah jantung, hal itu mungkin juga disebabkan oleh kondisi non jantung. Berikut informasi mengenai beberapa penyebab umum nyeri dada sebelah kanan.

Rongga dada terdiri dari esophagus, trakea, saraf, pembuluh darah, saluran pernapasan, paru-paru, dan jantung. Nyeri dada mungkin dapat terjadi jika salah satu organ mengalami kerusakan. Ini akan menjadi salah untuk sebab terjadi nyeri dada dan menjadi indikator serangan jantung. Nyeri dada kanan dapat disebabkan karena berbagai alasan. Kadang-kadang, rasa sakit yang dirasakan di daerah dada mungkin berasal dari bagian lain tubuh.

Penyebab Nyeri Dada Kanan

Nyeri dada sebelah kanan bisa terjadi karena pembentukan batu empedu, kondisi tulang rusuk kanan, pneumonia, penyakit asam refluks, sakit, dsb mungkin menyebar dari bagian lain tubuh. Kondisi medis yang dapat menyebabkan rasa sakit dada kanan dan nyeri meliputi:

Radang Hati
Peradangan hati atau sering dikenal dengan penyakit liver bisa disebabkan karena berbagai alasan. Hati bisa meradang karena infeksi virus seperti hepatitis A dan hepatitis C. Berkepanjangan dalam penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menjadi faktor penyebab. Konsumsi alkohol yang berlebihan adalah salah satu alasan paling sering di balik kerusakan hati. Nyeri yang disebabkan oleh kerusakan hati bahkan bisa sampai ke bagian dada.

Penyakit kandung empedu
Kandung empedu adalah kantung yang menyimpan dan mengumpulkan cairan, hasil pencernaan yang terdiri dari garam empedu, pigmen, dan kolesterol. Kandung empedu melepaskan empedu ke usus kecil, setiap kali kita mengkonsumsi makanan berlemak. Pada satu saat, empedu, pigmen atau kolesterol dapat mengkristal dan membentuk batu-batu empedu. Kondisi ini bisa memblokir saluran empedu, dan menyebabkan nyeri pada bagian tubuh kanan, mual, muntah, dll. Kadang-kadang, rasa sakit bisa menyebar ke dada khususnya sebelah kanan. Penggunaan suplemen asam empedu mungkin terbukti bermanfaat untuk mengobati kondisi ini, tetapi operasi pengangkatan kandung empedu mungkin disarankan jika gejalanya memang parah.

Cedera
Nyeri dada dapat terasa saat tulang rusuk rusak karena pukulan benda tumpul atau pukulan keras ke arah dada, jatuh dari ketinggian, atau kecelakaan, dsb. Jika tulang rusuk di sisi kanan memar, retak atau patah karena cedera, seseorang mungkin akan mengalami rasa sakit dada sebelah kanan. Seseorang yang mengalami kondisi ini harus menahan diri dari kegiatan fisik yang berat yang dapat memperburuk kondisi.

>>  Nyeri Dada Saat Bernafas Dalam-dalam

Costochondritis
Costochondritis mengacu pada suatu kondisi medis yang ditandai dengan peradangan pada kartilago kosta. Kondisi ini bisa terjadi karena infeksi pada tulang rusuk karena bakteri, virus atau jamur. Seseorang yang terkena biasanya mengalami nyeri dada kanan, dan akan terasa bertambah sakit pada saat tertawa, bersin, atau batuk. Terapi obat ditambah dengan istirahat akan membantu dalam mengurangi gejala ini.

Peradangan selaput dada
Peradangan pleura(selaput dada) secara medis disebut pleurisy. Ruang antara membran pleura terisi dengan sejumlah cairan. Pneumonia, infeksi saluran pernapasan atas, zat-zat beracun, penyakit autoimun, dll, dapat menyebabkan radang selaput dada. Nyeri dada kanan terasa saat mengambil napas dalam-dalam atau batuk, sesak napas, dan bernapas cepat adalah beberapa gejala umum dari kondisi ini. Penggunaan obat penghilang rasa sakit dan anti inflamasi sering direkomendasikan untuk mengurangi gejala. Antibiotik juga dianjurkan jika penyebabnya adalah infeksi bakteri.

Pneumonia
Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang mempengaruhi alveoli, yang merupakan kantung mikroskopis di paru-paru. Pneumonia biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau parasit. Nyeri dada, sesak napas, demam, batuk, nyeri otot, dll, adalah beberapa gejala umum dari infeksi paru-paru.

Gangguan psikologis
Nyeri dada kanan juga dapat dikaitkan dengan gangguan psikologis yang mendasarinya. Sindrom hiperventilasi yang ditandai dengan gangguan pernafasan dapat terjadi jika stres. Gejala-gejala yang mungkin dialami oleh orang yang terkena termasuk nyeri dada kanan, mengi, sesak napas, dan kesemutan.

Jika anda pernah mengalami nyeri dada kanan berulang kali, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter ahli jantung untuk mengurangi kemungkinan masalah jantung. Tes diagnostik tertentu juga dapat membantu untuk memastikan penyebab nyeri dada sebelah kanan.

 
  Incoming Keywords: obat sakit dada sebelah kanan, nyeri dada sebelah kanan, dada sebelah kanan sakit, nyeri dada sebelah kanan bawah payudara, sakit dada sebelah kanan, penyebab sakit dada sebelah kanan, obat alami sakit dada sebelah kanan, mengapa bagian tubuh fi dekt payudara dalam sakit dan saat batuk atau bersin sangat nyeri, obat untuk menggobati dada sebelah kanan, obat sakit dada kanan

, , , ,

Comments are closed.