Nyeri Dada Selama Kehamilan Ibu

Wanita hamil memiliki risiko nyeri dada dan terasa seperti ditusuk di bagian dada. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Di bawah ini adalah daftar alasan mengapa wanita mengalami nyeri dada selama kehamilan bersama dengan cara untuk mengobatinya.

Kehamilan membawa berbagai perubahan fisiologis pada wanita. Seiring dengan sakit perut dan kram otot, wanita sering mengalami nyeri dada waktu hamil. Meskipun normal, hal itu sangat tidak menyenangkan. Rasa sakit seperti ini biasanya tidak berbahaya dan gejalanya akan hilang dalam beberapa hari. Namun, jika gejala tetap bertahan selama lebih dari seminggu, maka sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab nyeri dada selama kehamilan

  1. Selama kehamilan, pertumbuhan janin memberikan tekanan pada perut. Hal ini menyebabkan masalah seperti, gangguan pencernaan, mulas, sembelit, dan akhirnya menyebabkan dada terasa terbakar.
  2. Hidung tersumbat adalah alasan lain mengapa seseorang dapat mengalami nyeri dada selama kehamilan. Wanita hamil menghasilkan tingkat estrogen dan progesteron yang tinggi. Hal ini menyebabkan membran hidung membengkak, menyebabkan hidung tersumbat dan membuat sulit bernapas. Nafas menjadi berat dan dapat menyebabkan sakit dada waktu hamil. Kondisi ini dapat diobati dengan mandi uap, minum teh herbal, dan menempatkan bantal tambahan di bawah kepala saat tidur akan sangat membantu. Namun, jika gejala berlangsung selama lebih dari seminggu, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.
  3. Karena permintaan akan zat besi dan vitamin lainnya meningkat selama kehamilan, wanita sering menderita anemia. Dengan  menderita anemia berarti suplai oksigen ke sel-sel darah juga kurang. Hal inipun membuat jantung bekerja ekstra sehingga menyebabkan jantung berdebar dan timbullah nyeri dada. Kondisi ini dapat didiagnosis dengan memeriksa kadar hemoglobin, dan terlihat tanda-tanda seperti pucat pada kuku dan kelopak mata bawah. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah degnan mengkonsumsi sayuran yang tinggi zat besi, dan jika perlu, mengkonsumsi suplemen zat besi seperti yang ditentukan oleh dokter untuk mencegah anemia.
  4. Seorang wanita hamil membutuhkan setidaknya 1200 mg kalsium untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jika persyaratan ini tidak terpenuhi, maka tubuh mulai menggerogoti kalsium dari tulang untuk pengembangan bayi, sehingga tulang lemah dan rapuh. Kekurangan kalsium juga menyebabkan kram otot di pectoralis menyebabkan nyeri dada selama hamil. Susu, keju, yoghurt, dan sayuran hijau adalah sumber kalsium yang baik. Hal ini juga dapat diperoleh melalui sinar matahari. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksa jika anda perlu suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh.
  5. Stres dan rasa cemas adalah penyebab lain dari nyeri dada. Ketika kita mengalami stres, nafas kita akan menjadi pendek. Kondisi ini menyebabkan kesulitan bernafas dan memberikan tekanan pada paru-paru, sehingga menyebabkan nyeri dada. Jika anda mengalami stres, habiskanlah waktu anda dalam beberapa kegiatan seperti mendengarkan musik, jalan santai, dan melakukan latihan pernafasan.

Nyeri dada selama kehamilan adalah hal normal. Tetapi jika sakit dada selama hamil menjadi parah atau berkelanjutan untuk waktu yang lama, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter daripada mendiagnosis diri sendiri.

 
  Incoming Keywords: Sakit dada saat hamil, sesak di perut bagian atas saat hamil, mengapa saat hamil 8bulan dada trasa sangat sakit, ibu hamil nyeri dada sebelah kiri, ibu hamil dada sakit, nyeri payudara sebelah kiri saat hamil, ibu hamil sakit dada, nyeri dada tanda hamil, dada terasa sakit saat hamil, nyeri dada hamil tua

, , , ,

Comments are closed.