Dampak Positif dari Globalisasi

Globalisasi telah menjadi salah satu topik yang paling diperdebatkan sepanjang zaman. Hal ini disebut-sebut sebagai salah satu hal terbaik yang selalu terjadi kepada dunia. Pada artikel berikut ini, kita akan mencoba untuk mengolah wawasan mengenai dampak positif dari globalisasi di berbagai bidang. Meskipun terdapat sejumlah dampak negatif yang berkaitan dengan globalisasi, di sisi yang lain, globalisai mempunyai dampak positif juga. Keuntungan dari globalisasi adalah banyak negara-negara berkembang telah secara langsung mendapatkan manfaat melalui perluasan globalisasi.

Apa saja dampak positif globalisasi?

Meningkatnya kompetisi
Salah satu dampak positif globalisasi yang paling terlihat adalah peningkatan kualitas produk karena adanya persaingan global. Pendekatan untuk produksi telah menyebabkan peningkatan kualitas akan produk dan jasa. Perusahaan-perusahaan dalam negeri harus berusaha keras mengatasi masuknya kompetisi asing. Mereka dipaksa untuk meningkatkan standar dan tingkat kepuasan konsumen agar tetap dapat bertahan di pasar.

Pekerjaan
Dengan perkembangan globalisasi, perusahaan asing merambah ke negara-negara berkembang dan oleh sebab itu Globalisasiakan membuka lapangan kerja bagi mereka. Akan tetapi hal ini dapat berubah menjadi baik bahkan juga buruk, tergantung pada sudut pandang anda melihatnya. Hal ini telah memberikan kesempatan untuk berinvestasi di pasar negara berkembang. Di negara berkembang sering terdapat kekurangan modal yang menghambat pertumbuhan perusahaan domestik. Pada kondisi semacam ini, karena sifat bisnis global, orang-orang dari negara-negara berkembang juga dapat memperoleh kesempatan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

Investasi dan penanaman modal
Banyak sekali negara yang telah berinvestasi secara langsung di negara-negara berkembang. Perusahaan yang berkinerja baik mempunyai peluang menarik banyak investor asing dan dengan demikian mendongkrak cadangan devisa.

>>  Pro dan Kontra Globalisasi

Menyebarkan pengetahuan
Penyebaran pengetahuan juga dapat diperluas karena proses global, mencakup pengetahuan ekonomi dan politik, yang juga telah menyebar jauh dan secara luas. Contoh paling jelas dari penyebaran pengetahuan adalah bahwa dunia barat saat ini mulai menyadari manfaat dari yoga, manfaat tanaman sebagai obat herbal, dsb.

Penyebaran budaya
Dunia kita ini adalah hasil dari beberapa budaya yang datang bersama-sama. Orang-orang dari satu budaya, jika reseptif akan cenderung melihat kekurangan dalam budaya mereka dan mengambil budaya yang lebih selaras dengan perkembangan zaman. Masyarakat telah menjadi lebih besar karena mereka telah menyambut orang dari peradaban lain dan menciptakan budaya baru mereka sendiri. Hal yang sama dapat dikatakan adalah tentang film, musik, dan bentuk seni lainnya, yang telah pindah dari satu negara ke negara lain, meninggalkan kesan pada budaya yang telah mengadopsinya.

Penyebaran pendidikan
Salah satu efek yang paling kuat dari globalisasi adalah penyebaran pendidikan. Seseorang yang tinggal di suatu negara dapat pergi ke benua lain untuk mencari pengalaman baru terkait yang tidak dapat dia dapatkan di negara asalnya. Dia akan mendapatkan pelajaran tambahan dan kembali menyebarkan di negara asalnya.

Hukum
Karena globalisasi, maka terdapat pemahaman dan kerjasama antar badan keamanan dan polisi dari dua atau lebih yang akan bersama-sama untuk mengekang terorisme global.

Setelah membaca yang disebutkan di atas tentang dampak positif dari globalisasi, kita dapat menyimpulkan bahwa hal ini pasti telah membawa dunia jauh lebih dekat dalam hal kerja sama ekonomi dan perdagangan.

Comments are closed.