Cara Aman Menggunakan Internet untuk Anak di Rumah

Mengajari anak-anak cara aman menggunakan internet untuk anak di rumah sama pentingnya dengan mengajari mereka bagaimana untuk menyeberang jalan dengan aman dan menghindari resiko yang dapat terjadi.

Ada banyak informasi yang secara mudah tersedia bagi anak-anak untuk digunakan dalam menyelesaikan tugas sekolah. Sebagian besar sekolah sekarang menyediakan cara bagi anak-anak untuk digunakan dalam memperoleh informasi tentang pekerjaan, mendaftar kursus, dan bahkan mengirim pekerjaan rumah kepada guru mereka. Lalu bagaimanakah orang tua dapat mengawasi penggunaan internet di rumah dengan anak? Berikut adalah cara di mana jika anda memiliki komputer di rumah dengan koneksi internet, dan anak anda juga selalu menggunakannya.

Cara aman menggunakan internet

  • Tempatkan komputer di tempat yang terlihat. Anak-anak dengan komputer berada di kamar mereka, melakukan apapun yang mereka inginkan, membuka situs apapun yang mereka inginkan, dan chatting dengan siapa saja yang mereka inginkan, tanpa orangtua mereka menyadari apa yang mereka lakukan. Pindahkan komputer ke ruang lain, misalnya di mana ada orang lain di sekitarnya dan anda dapat memeriksa aktivitas apa sajakah yang anak anda lakukan di internet.
  • Instal program yang memungkinkan orang tua untuk memblokir situs-situs tertentu sehingga anak mereka tidak bisa mengaksesnya. Situs pornografi, situs chat room, dan situs yang berorientasi kekerasan adalah contoh dari jenis situs di mana orang tua mungkin harus memblokirnya. Program ini kebanyakan memerlukan password untuk mengaksesnya. Lindungi password anda dan tidak memberikannya kepada anak.
  • Membuat aturan bahwa tidak ada yang dapat didownload dari internet tanpa izin anda. Jika anak tidak tahu apakah yang sebenarnya didownload, maka dapat mendatangkan masalah besar pada komputer anda dan berpotensi membuat komputer anda rentan akan serangan virus.
  • Bicara dengan teman anda dan orang tua dari anak-anak lain untuk berbagi pedoman anda dalam penggunaan komputer. Apakah anda juga mendapatkan dukungan? Mendapatkan dukungan dari orang lain serta dalam upaya mereka untuk menjaga anak-anak agar aman berinternet.

Dengan cara aman menggunakan internet di atas, anak anda dapat menikmati penggunaan komputer dan anda dapat lebih mudah mengetahui bahwa anak anda bertanggung jawab ketika menggunakan internet. Sama seperti anda melindungi rumah dan keluarga dalam banyak cara, sehingga anda juga harus melindungi anak-anak dari bahaya internet.

Comments are closed.