Batu Ginjal Penyebab Gejala dan Diagnosis

Batu ginjal, hal ini sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa yang menyebabkannya, untuk mengambil langkah-langkah pencegahan, dan berusaha untuk menghindarinya. Faktor-faktor penyebab batu ginjal berkisar dari gaya hidup, masalah keturunan atau bahkan beberapa penyakit.

Ginjal kita bertugas sebagai filter darah dan membantu dalam menghilangkan limbah dari tubuh. Seiring dengan itu ginjal juga membantu mengontrol kadar elektrolit untuk fungsi tubuh. Limbah dalam bentuk urin mengalir dari ginjal ke kandung kemih melalui ureter. Namun, dalam kondisi tertentu bahan kimia di dalam urin mengkristal dan membentuk batu ginjal. Batu-batu kristal keras terbentuk di ginjal atau saluran kemih dari yang sangat kecil ketika terbentuk dan secara bertahap berkembang membesar dari waktu ke waktu.

Batu ginjal di dalam ginjal atau saluran kemih, dapat menyebabkan sakit pada perut dan selangkangan. Hal ini juga menjadi alasan penyebab adanya darah di dalam urin. Hal ini diyakini bahwa 1 dari setiap 20 orang mempunyai batu ginjal pada beberapa titik waktu dalam kehidupan mereka. Jadi apakah yang menjadi penyebab batu ginjal? Ada banyak alasan penyebab batu ginjal pada pria maupun wanita.

Penyebab batu ginjal

  • Penurunan volume urin seiring dengan adanya zat kimia pembentuk batu dalam urin dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Bahan kimia yang sering terdapat dalam batu ginjal termasuk kalsium, baik oksalat atau fosfat. Senyawa kimia seperti asam urat dan sistin asam amino juga dapat membantu dalam pembentukan batu ginjal.
  • Dehidrasi disebabkan karena kurang asupan cairan dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal. Selain itu, olahraga berat dengan pengganti cairan yang tidak memadai juga dapat menyebabkan batu ginjal. Hal ini juga yang seringkali dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal.
  • Sejumlah kondisi medis dapat menyebabkan peningkatan resiko untuk dapat menderita batu ginjal:
  1. Peningkatan asam urat dalam urin dapat menyebabkan pembentukan batu asam urat.
  2. Hiperkalsiuria atau kalsium yang tinggi dalam urin merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan munculnya batu. Ketika kelebihan kalsium diserap dari makanan dan diekskresikan ke dalam urin, kalsium fosfat atau kalsium oksalat maka terbentuklah batu kristal.
  3. Orang yang menderita penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi semakin berisiko terkena kondisi ini.
  4. Radang usus juga mungkin untuk menderita batu ginjal.
  • Obat tertentu seperti obat yang biasa diresepkan untuk mengobati sakit kepala migrain dan kejang dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal. Obat-obatan seperti diuretik, kalsium yang mengandung antasida atau obat tertentu yang digunakan untuk mengobati infeksi HIV terkait, juga dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Gejala batu ginjal

Perjalanan batu ginjal dari ginjal ke kandung kemih dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar paha atau mengakibatkan muntah dan mual. Hal ini disertai dengan adanya darah atau nanah dalam urin atau rasa terbakar saat kencing. Jika saluran kemih terinfeksi maka seseorang bisa menderita demam dan menggigil.

Diagnosa batu ginjal

Untuk mendiagnosis adanya batu ginjal, dokter dapat memeriksa anda dan mungkin melakukan tes seperti sinar-X untuk memeriksa keadaan ginjal dan saluran kemih. Untuk mengetahui penyebab batu ginjal, dokter mungkin akan meminta anda untuk mengumpulkan urin selama 24 jam atau melakukan tes darah.

Untuk mengobati batu ginjal, dokter akan menyarankan obat nyeri tertentu dan merekomendasikan konsumsi air yang cukup dan cairan lainnya untuk mencegah dehidrasi. Namun, jika batu terlalu besar atau jika tersangkut dalam saluran kemih, anda mungkin memerlukan pengobatan tertentu.

>>  Pengobatan Alami untuk Penderita Batu Ginjal

Untuk mencegah menderita penyakit batu ginjal, adalah penting untuk minum cukup air putih, sekitar 8 sampai 10 gelas per hari.

, ,

Comments are closed.