Pengobatan Alami untuk Penderita Batu Ginjal

Batu ginjal berhubungan dengan saluran kemih yang menyebabkan nyeri di perut dan punggung. Beberapa solusi alami yang efektif untuk batu ginjal termasuk minum sejumlah besar air, membatasi protein hewani, mengurangi garam dan olahraga teratur.

Rata-rata, sekitar 10% dari populasi manusia di dunia mengalamai batu ginjal pada tahap kehidupan mereka. Seperti namanya, batu ginjal adalah massa yang mengeras, akibat akumulasi garam asam dan mineral dalam urin. Komposisinya dapat bervariasi sesuai dengan jenis batu ginjal. Jenis yang paling umum mengandung kalsium, asam urat, oksalat dan fosfat. Dalam kondisi yang jarang terjadi, batu-batu ini berkembang karena infeksi pada saluran kemih. Batu-batu ini disebut struvite.

Seorang individu yang memiliki riwayat genetik batu ginjal berada pada risiko yang lebih tinggi terkena batu ginjal daripada yang lain. Gejala batu ginjal termasuk kencing berdarah dan sakit saat buang air kecil, mual, muntah, beser dan terasa nyeri baik itu di perut dan punggung.

Pengobatan untuk batu ginjal

Kondisi ini akan terdeteksi dengan melakukan tes sinar X-ray pada ginjal dan saluran kemih. Meskipun ada pendekatan operasi bedah untuk menghilangkan batu-batu besar, banyak orang lebih memilih solusi alami. Dalam kondisi tertentu, pengobatan alami  efektif dalam membilas batu-batu ini.

Salah satu solusi yang paling efektif adalah dengan minum banyak air (sekitar 3 liter) dan meningkatkan asupan cairan. Air dan cairan lainnya membantu dalam mengurangi kadar zat yang pembentuk batu atau pembesaran batu.

Berbicara tentang asupan makanan, sesorang dengan batu ginjal harus mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayuran. Namun, sayuran seperti bayam tidak dianjurkan karena mengandung kadar oksalat tinggi. Makanan lain yang harus dihindari adalah kacang tanah, stroberi, gandum, coklat, minuman soda, kafein. Selain itu, penderita batu ginjal harus mengurangi asupan garam, gula, alkohol, dan produk susu.

>>  Tanda-tanda Batu Ginjal pada Pria

Pembentukan batu asam urat ini menjadi buruk jika mengkonsumsi sejumlah besar protein hewani. Sebuah cara yang efektif untuk memerangi masalah ini adalah mengurangi konsumsi daging dan ikan laut dalam makanan sehari-hari. Kelebihan vitamin C juga berbahaya bagi penderita batu ginjal, karena vitamin ini berubah menjadi oksalat (dalam dosis yang lebih tinggi).

Beberapa pengobatan herbal alami adalah dengan air kelapa muda, jus delima, jus tomat, apel, jus kemangi dan teh herbal. Selain itu, kegiatan fisik seperti olahraga teratur membantu pergerakan kalsium dari aliran darah ke tulang, sehingga kemungkinan terbentuknya batu ginjal akan menurun.

 
  Incoming Keywords: kacang tanah batu ginjal, makanan yang dihindari saat batu ginjal, sayuran dan buah untuk penderita batu ginjal

,

Comments are closed.