10 Macam Masalah Lingkungan Hidup

Pemanasan global adalah salah satu ancaman terbesar bagi planet bumi. Artikel berikut akan memberikan 10 masalah utama pada lingkungan hidup yang perlu ditangani.

Lingkungan merupakan sumber daya yang dikonsumsi pada tingkat yang eksponensial. Sayangnya sumber daya ini tidak dapat dengan mudah diperbarui. Hal ini telah menyebabkan banyak masalah lingkungan dan isu-isu yang perlu ditangani. Masa globalisasi saat ini penuh dengan kekeringan, kelaparan, banjir, dan bencana alam. Frekuensi kejadian tersebut meningkat secara dramatis. Di sini kita melihat masalah lingkungan yang serius, yang dihadapi dunia saat ini. Kebanyakan dari masalah tersebut adalah saling terkait dan mungkin memiliki penyebab yang sama.

Masalah Lingkungan Hidup

Perubahan iklim
Ini adalah salah satu hal yang paling berbicara tentang isu-isu lingkungan di dunia. Perubahan iklim di seluruh dunia tetap menjadi penyebab perhatian utama. Hal ini telah mendatangkan malapetaka pada beberapa ekosistem di seluruh dunia. Perubahan iklim telah memberi dampak kekeringan di beberapa daerah. Efeknya tidak hanya mematikan bagi manusia tetapi juga untuk spesies lain yang mendiami planet ini.

Pengelolaan limbah
Terkait erat dengan populasi yang tumbuh pesat di seluruh dunia dan tingkat konsumsi, limbah menjadi isu utama di seluruh dunia. Masalahnya berakar dalam gaya hidup kita, yang bergerak cepat dan tidak berperasaan dalam pemikiran dan tindakan. Solusi perbaikan cepat di lokasi pembuangan dan daur ulang tidak cukup untuk memeranginya. Bahkan, tempat pembuangan akhir(TPA), terutama di negara-negara berkembang di seluruh dunia, menyebabkan tingkat kesehatan yang parah dan isu-isu lingkungan di wilayah tersebut.

Keanekaragaman hayati dan penggunaan lahan
Istilah keanekaragaman hayati pada dasarnya berarti berbagai kehidupan yang ada di setiap daerah tertentu. Dengan pertumbuhan populasi dan permintaan untuk kebutuhan dasar, keanekaragaman hayati terancam di banyak daerah di seluruh dunia. Permintaan yang tinggi untuk pangan, pakaian dan tempat tinggal telah menyebabkan perluasan lahan. Hal ini juga menyebabkan masalah lain seperti pertambangan yang berlebihan.

Konsumsi
Ini merupakan masalah besar yang mungkin dipandang sebagai penyebab berbagai masalah lingkungan lainnya. Menurut beberapa pakar, jika setiap manusia mulai mengkonsumsi dengan jumlah yang sama, kita akan membutuhkan sumber daya minimal empat bumi dalam setahun. Konsumsi dapat ditangani dengan cara yang sangat efektif. Kesadaran ini perlu tersebar terutama di negara berkembang. Pola konsumsi perlu dipantau dan diatur di semua negara di seluruh dunia.

Kelangkaan air
Air sebagai komoditas dan sumber daya yang sangat langka. Hanya 2% dari air yang tersedia di bumi adalah murni dan cocok untuk dikonsumsi. Banyak daerah juga tergantung pada curah hujan sebagai sumber air, dengan perubahan pola curah hujan di seluruh dunia karena perubahan iklim, beberapa daerah telah terkena dampak kekeringan dan kelaparan. Pada saat yang sama, terlalu banyak hujan juga menyebabkan banjir di beberapa daerah dan menghancurkan ekologi alam dan buatan manusia di wilayah tersebut. Terlalu banyak atau terlalu sedikit air, keduanya menimbulkan masalah.

>>  Cara Menanggulangi Polusi Air

Deforestasi
Deforestasi dapat dipicu karena peningkatan konsumsi, perubahan penggunaan lahan dan juga peningkatan kuantum limbah yang dihasilkan. Peningkatan konsumsi makanan telah menyebabkan banyak kawasan hutan yang digunakan untuk budidaya. Deforestasi juga terjadi di sekitar daerah perkotaan ketika memperluas kota. Tingginya permintaan mineral, minyak dan sumber daya yang melalui proses pertambangan juga menyebabkan deforestasi di berbagai daerah di dunia. Dengan adanya deforestasi, banyak spesies yang terancam punah dan telah kehilangan habitat alami mereka. Erosi tanah, perubahan iklim yang dramatis dan banjir bandang dapat dikaitkan, langsung atau tidak langsung akibat dari deforestasi.

Limbah kimia dan beracun
Banyak emisi yang diciptakan oleh manusia mengandung sejumlah tinggi bahan kimia dan racun. Hal ini memiliki efek buruk pada lingkungan. Masalah hujan asam adalah contohnya. Beberapa bahan kimia dan logam berat memiliki efek fatal pada manusia maupun hewan.

Energi
Permintaan tak terpuaskan untuk minyak mentah telah menyebabkan daerah kehabisan sumber daya alamnya. Pembangkit listrik tampak bagus, tetapi menyebabkan banyak kerusakan. Setiap sumber listrik, termal, air atau nuklir mempunyai efek pada lingkungan.

Ekosistem dan spesies terancam punah
Banyak ekosistem mengalami ancaman punah dan beberapa spesies langka berada di dalamnya. Hilangnya ekosistem ini dapat menjadi bencana besar. Fungsi ekosistem dan spesies yang ada di dalamnya dapat bersifat multi dimensi dan sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekologi. Konservasi ekosistem dan spesies yang terancam punah sering diabaikan dan masih tetap menjadi masalah lingkungan yang sangat kritis.

Ilmu genetika
Ini adalah masalah yang sangat sensitif dan sering diperdebatkan. Apakah hak kita untuk berperan sebagai pencipta? Ilmu pengetahuan telah membantu manusia dan telah mencapai banyak terobosan dalam hal obat-obatan, teknologi, kesehatan, komunikasi, dll. Bahkan, seluruh aspek kehidupan manusia meningkat pesat dengan bantuan ilmu pengetahuan. Modifikasi genetik tanaman, hewan dan bahkan mungkin manusia dalam waktu dekat dapat menyebabkan kerusakan. Kita mungkin setuju dengan fakta bahwa penelitian dalam genetika telah meningkatkan kehidupan di luar ukuran, tapi siapakah yang memantau sisi etika dari penelitian ini?

Tantangan terberat adalah menyebarkan kesadaran dan mendidik masyarakat tentang regenerasi. Banyak dari masalah lingkungan yang disebabkan karena gaya hidup yang kita ikuti, tanpa rasa konsekuensi.

 
  Incoming Keywords: permasalahan lingkungan, permasalahan lingkungan hidup, isu lingkungan, masalah lingkungan, 4 masalah lingkungan utama, masalah lingkungan hidup, macam macam masalah, contoh permasalahan lingkungan, contou masalah lingkungan hidup, isu isu lingkungan

, ,

Comments are closed.