Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri

Anda ingin mencari tahu cara membuat minyak kelapa? Jika ya, maka anda telah datang ke tempat yang tepat sekali. Artikel tentang cara membuat minyak kelapa baik itu untuk kulit atau rambut akan dijelaskan di bawah ini.

Minyak kelapa memiliki sejarah panjang dalam rahasia kuliner dan terapi. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat minyak kelapa sendiri. Selain penggunaannya untuk kuliner dan obat, kelapa telah menjadi bagian dari budaya dan tradisi dari berbagai negara. Kelapa adalah salah satu bahan berguna dalam membersihkan saluran kemih, memperkuat otot dan sistem kardiovaskular, meningkatkan kulit dan penyembuhan luka. Hal ini juga digunakan sebagai obat untuk berbagai kondisi medis seperti sembelit, sakit kuning, bengkak, sakit gigi, kudis, pilek, luka bakar, kudis, dan sakit tenggorokan. Minyak kelapa juga merupakan salah satu di antara bahan-bahan yang digunakan dalam produk komersial seperti kosmetik, sabun, minyak pijat dan deterjen. Terlepas dari manfaat kesehatan, minyak kelapa juga diyakini sangat bermanfaat untuk kulit dan rambut. Saat ini, minyak kelapad tersedia di hampir seluruh belahan dunia dalam berbagai varian. Hal ini juga dapat dibuat di rumah, jika anda mempunyai buah kelapa.

Jenis minyak kelapa

Ada sekitar empat jenis minyak kelapa yang dibuat dengan cara yang berbeda. Minyak kelapa olahan, fraksinasi, hidrogenasi dan minyak kelapa cara membuat minyak kelapamurni (vco). Minyak kelapa olahan diekstrak dari kopra. Tidak seperti minyak kelapa murni, minyak kopra ini tidak memiliki rasa atau aroma kelapa dan sering digunakan untuk keperluan industri dan komersial, selain memasak. Jenis berikutnya adalah minyak kelapa fraksinasi, yang dibuat oleh fraksinasi minyak. Proses ini mempertahankan asam lemak jenuh. Minyak kelapa fraksionasi, sangat tinggi permintaannya untuk keperluan industri dan medis.

Hidrogenasi adalah proses di mana minyak terkena tekanan tinggi untuk menghasilkan gelembung hidrogen. Minyak kelapa hidrogenasi dapat bertahan lebih lama, tetapi mungkin mengandung lemak, yang dianggap merugikan bagi kesehatan. Dan yang terbaik di antara empat jenis adalah virgin coconut oil, yang diproduksi melalui proses alami, tanpa menggunakan bahan kimia apapun. Hal ini baik untuk memasak serta untuk memijat. Meskipun dalam skala besar produksi minyak kelapa ini dilakukan dengan mesin, akan tetapi juga dapat dilakukan di rumah tanpa peralatan tersebut.

Cara membuat minyak kelapa sendiri

Hal ini dapat dilakukan melalui metode seperti fermentasi, pemanasan, pengolahan dingin, dll. Mari kita lupakan tentang masalah teknis dan belajar beberapa metode yang mudah untuk membuat minyak kelapa sendiri. Membuat minyak kelapa murni bukanlah hal yang sulit, yang penting anda memiliki kelapa segar dan matang. Hal ini dapat menghemat uang anda dan memberi kepuasan menggunakan produk buatan sendiri.

>>  Khasiat Minyak Kelapa untuk Wajah

Fermentasi alami

  1. Lebih baik untuk memulai dengan jumlah kecil dan jika anda puas, maka anda dapat mencoba dengan jumlah besar.
  2. Parut daging kelapa dan peras dengan air.
  3. Masukkan hasilnya dalam botol transparan. Biarkan selama sekitar 20 jam pada suhu sekitar 32 derajat celcius.
  4. Hal ini memungkinkan air untuk menetap di bagian bawah. Anda dapat melihat minyak mengambang di atas air. Anda kemudian dapat menyaring minyak, yang akan menjadi kuning atau berwarna pucat.

Pemanasan

  1. Cara lain untuk membuat minyak kelapa adalah dengan pemanasan. Dalam metode ini anda harus mengekstrak santan dari daging kelapa, sesuai metode yang dibahas di atas.
  2. Santan harus dipanaskan di atas api yang kecil. Anda harus mengaduk campuran terus menerus saat memasaknya.
  3. Setelah larutan tersebut menjadi tebal, minyak mulai memisahkan diri dari campuran larutan. Air akan menguap dan meninggalkan minyak. Masak selama beberapa waktu yang diperlukan.
  4. Setelah dingin, isilah minyak ke dalam botol yang bersih. Minyak kelapa buatan anda telah siap dan anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk perawatan kulit atau rambut bahkan memasak.

Masih banyak cara lain dalam membuat minyak kelapa sendiri. Akan tetapi 2 metode di atas adalah cara membuat minyak kelapa dengan cara yang paling mudah dan tidak ribet. Anda dapat mencoba salah satu metode ini sesuai dengan mood anda. Dianjurkan untuk membuat minyak kelapa dalam jumlah kecil, setidaknya untuk pertama kalinya. Dibandingkan dengan sebagian besar minyak kelapa yang dibeli di toko, minyak kelapa buatan sendiri selalu lebih baik, dan yang pasti lebih murah dan murni, tanpa bahan kimia dan pengawet.

 
  Incoming Keywords: cara membuat minyak kelapa, minyak kelapa, cara membuat minyak dari kelapa, cara pembuatan minyak kelapa, cara mengolah kelapa, cara membuat vco, cara membuat sendiri minyak kelapa murni, cara membuat minyak kelapa untuk rambut, cara membuat minyak, proses membuat minyak dari kelapa

, , ,

Comments are closed.