Pentingnya Nutrisi Bagi Fungsi Sel Tubuh

Nutrisi berperan penting dan berfungsi seperti bahan bakar dalam mesin. Nutrisi adalah sumber daya yang memungkinkan tubuh untuk berfungsi dengan baik dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Pasokan nutrisi diperoleh melalui berbagai makanan, yang memungkinkan untuk menjalankan semua fungsi tubuh dengan tepat, sehingga dapat melindungi tubuh dari virus, bakteri dan racun. Dari makanan yang dikonsumsi, tubuh menyerap vitamin, lemak, protein, karbohidrat dan air ke dalam darah.

Setelah penyerapan, nutrisi dipecah dan diangkut ke seluruh sel-sel dalam tubuh. Setiap sel memiliki fungsi sendiri-sendiri. Jenis makanan yang dikonsumsi tubuh menentukan kinerja sel. Pasokan makanan bergizi tinggi tidak hanya menopang kesehatan tubuh, tetapi juga mengurangi kerentanan tubuh terhadap penyakit dan kematian muda karena penyakit.

Pentingnya Nutrisi

Tubuh sangat tergantung pada nutrisi untuk dapat bertahan hidup. Dari waktu sperma dibuahi sel telur, kemudian melalui perkembangan janin selama sembilan bulan dalam rahim, kelahiran dan tahun-tahun pertumbuhan berikutnya sampai mati, tubuh tergantung pada nutrisi. Dan juga, tubuh manusia kadang-kadang bahkan berfungsi sebagai nutrisi untuk organisme lain.

Nutrisi tersedia dalam berbagai makanan dalam bentuk bahan-bahan, seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, air, vitamin, dan mineral. Nutrisi diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar oleh tubuh, sedangkan, mikronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah kecil.

Makronutrien
Makronutrien terdiri dari protein, lemak, karbohidrat, serat dan air. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel atau jaringan tubuh yang rusak dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Tingkat protein yang rendah dapat menyebabkan proses pemulihan dari penyakit menjadi lebih lambat. Protein diperlukan dalam jumlah yang lebih besar selama sakit untuk penyembuhan dan perbaikan jaringan. Lemak dan karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh dan jumlah kebutuhan tergantung pada usia, ukuran dan tingkat aktivitas fisik dari orang tersebut. Serat terdiri dari karbohidrat untuk sebagian besar, tetapi penyerapannya oleh tubuh terbatas, dengan demikian, gula dan pati tidak memasuki aliran darah. Cairan dan air membuat tubuh terhidrasi. Dehidrasi menyebabkan diare, muntah, dan masalah kesehatan lainnya.

>>  Bahaya Air Minuman dalam Kemasan Botol Plastik

Mikronutrien
Mineral dan vitamin berada di bawah kategori ini. Keduanya dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia, memberikan energi pada tubuh. Kalium, kalsium, magnesium, natrium, fosfor, zat besi, seng, yodium, adalah beberapa mineral penting.

Sekarang kita telah memahami jenis nutrisi yang berbeda, kita dapat melihat bagaimana masing-masing zat gizi mempunyai fungsi yang unik dalam tubuh. Berbagai penyakit, kondisi dan masalah yang berkaitan dengan tubuh dapat dicegah dan dikurangi dengan menjaga pola makan yang sehat. Karbohidrat, lemak dan protein memberikan energi pada yang diperlukan untuk melakukan fungsi tubuh sehari-hari. Protein digunakan untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Mineral seperti kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi. Nutrisi menjadi hal yang sangat penting bagi anak-anak juga. Hal ini karena tubuh mereka berada dalam tahap pertumbuhan dan berkembang.

Comments are closed.