Jenis-jenis Rambut pada Manusia

Pernahkah anda bertanya-tanya tentang jenis rambut manusia? Jika anda ingin tahu lebih banyak, artikel berikut akan menjelaskannya.

Rambut manusia adalah biomaterial yang berserabut dan tumbuh dari folikel pada kulit manusia dan ditemukan dalam berbagai jenis. Rambut pada dasarnya adalah karakteristik dari kelas mamalia, dan fungsinya sebagai lapisan yang melindungi kulit dari faktor eksternal. Seperti mamalia, kelas-kelas lain dari tumbuhan dan hewan juga telah memiliki struktur rambut tertentu yang berserabut dan sensorik untuk perlindungan dermis.

Ada dua struktur yang membentuk filamen rambut yaitu; folikel rambut di bawah kulit, dan rambut yang merupakan filamen di atas kulit. Warna filamen ini adalah hasil dari dua jenis utama pigmen rambut yaitu; eumelanin – yang menyebabkan warna rambut menjadi hitam, coklat atau berwarna gelap, dan pheomelanin – menyebabkan warna rambut menjadi merah dan pirang.

Jenis rambut manusia

Sebagai manusia, maka akan memiliki rambut di seluruh tubuh seperti wajah, tangan, kaki, kepala, organ reproduksi, dsb, untuk melindungi bagian-bagian tersebut. Secara biologis, hanya ada tiga jenis utama dari rambut manusia yang secara alami terbentuk oleh tubuh. Jenis rambut disebutkan di bawah ini;

Rambut terminal
Seperti disebutkan di atas, hal ini berhubungan dengan filamen keras berpigmen yang keluar dari kulit. Rambut ini disebut rambut terminal yang tumbuh pada dermis dan terlihat di berbagai bagian seperti; kepala, tangan, kaki, ketiak, wajah, daerah kemaluan, dll. Ketebalan dan tekstur yang bervariasi tergantung pada etnis.

Rambut vellus
Jenis rambut yang dikenal sebagai rambut vellus dapat ditemukan di seluruh tubuh sejak lahir. Rambut jenis ini sangat halus, tipis, dan tidak terlihat dengan jelas, namun bisa saja berubah menjadi rambut terminal setelah masa pubertas, tergantung pada pengaruh hormon juga. Fungsi rambut ini bukan sebagai pelindung, melainkan sebagai pengaturan suhu tubuh, yang dapat dihubungkan dengan fungsi sensorik. Panjang rambut vellus hanya beberapa milimeter. Hal ini dapat dikaitkan terutama untuk perempuan dan anak-anak, dan rambut vellus pada pria yang dapat berubah menjadi rambut terminal.

>>  Kekurangan Protein Penyebab Rambut Rontok

Rambut lanugo
Ketika bayi lahir, anda akan melihat bahwa seluruh tubuh bayi sebenarnya tertutup atau terlapisi dengan rambut dan kadang-kadang sangat kuat. Ini disebut rambut lanugo yang menutupi tubuh bayi ketika berada di dalam rahim untuk menjaga kulit terhidrasi dan sehat. Rambut ini akan digantikan dengan rambut vellus setelah kelahiran anak, atau seiring dengan usia.

Ketika kita berbicara tentang jenis rambut manusia, ada banyak variasi yang dapat kita jumpai. Banyak orang cenderung mengklasifikasikan jenis rambut tergantung pada etnis seperti Asia, Afrika, India, Eropa, dsb. Akan tetapi jenis rambut pada klarifikasi ini hanya didasarkan pada pengamatan stereotip, setiap individu pada suatu daerah juga memiliki bentuk khas rambut yang berbeda-beda. Pada umumnya, semua jenis rambut juga merespon terhadap kondisi cuaca seperti kelembaban, panas, dan dingin.

, , ,

Comments are closed.