Perawatan Burung Kenari untuk Semua Jenis Kenari

Burung kenari biasanya hidup 8 sampai 10 tahun, tetapi juga dapat mencapai umur sampai 15 tahun. Bulu burung ini sangat cerah mulai dari kuning, kuning hijau, hijau, oranye dan warna merah. Rentang hidup rata-rata burung kenari betina adalah 5 – 6 tahun dan untuk kenari jantan bisa mencapai 10 tahun, meskipun ada burung kenari yang mampu hidup sampai 20 tahun. Burung kenari jantan juga bisa meniru suara seperti dering telepon atau bel pintu. Faktor yang membantu kenari agar hidup lebih lama dan sehat dapat diperoleh dengan nutrisi yang tepat.

Ada beberapa fakta yang sangat menarik dari burung kenari tentang perkembangan burung-burung kenari dan keturunan yang berbeda. Nenek burung kenari moyang burung kenari dapat ditemukan di Kepulauan Canary, Azores dan Madeira. Sejak tahun 1478, ketika mereka pertama kali diimpor ke Eropa, menyebabkan keturunan kenari menjadi berubah. Sebenarnya ada banyak perubahan dalam keturunan kenari selama bertahun-tahun, dengan perubahan yang terjadi bersamaan dengan popularitas komersial.

Burung kenari diperkenalkan ke Spanyol pada tahun 1478 ketika Spanyol menaklukkan Kepulauan Canary. Selama lebih dari 100 tahun sampai abad ke-16, orang-orang Spanyol menjual kenari jantan ke negara-negara Eropa lainnya. Kemudian karena adanya kecelakaan sewaktu pengiriman, kargo besar burung kenari rusak dan burungpun beterbangan ke Pulau Elba. Mereka segera dijual di seluruh Eropa dan banyak keturunan kenari yang berbeda mulai berkembang.

Perawatan burung kenari

Makanan burung kenari
Burung kenari menyukai buah seperti apel, jeruk, pir, pisang. Tumbuhan sayuran yang serba hijau disukai burung kenari, tapi pastikan selalu mencuci bersih sebelum memberikannya pada burung kenari peliharaan anda. Berikut ini adalah daftar makanan burung kenari yang cocok;

  • Biji kenari adalah makanan sehari-hari mereka yang dicampur dengan vitamin. Seekor kenari akan makan sekitar satu sendok teh biji kenari sehari dan kenari jarang makan berlebihan, meskipun mereka mungkin perlu untuk makan lebih banyak ketika cuaca terasa dingin.
  • Suplemen sangat penting dan dapat dimasukkan ke dalam makanan tambahan.
  • Kenari suka makan sayuran seperti brokoli, bayam, seledri, kacang polong, dan selada air. Buah-buahan seperti jeruk, apel, anggur, pisang, dan melon juga dapat diberikan.
  • Kenari tidak bisa hidup tanpa air dalam jangka waktu 24 jam. Sediakanlah air segar setiap hari.
>>  Gejala Alergi Kecoa

Kandang peliharaan burung kenari

  • Berikan kenari anda ruang yang lebar sehingga menjadi lapang. Sediakan juga tempat untuk makanan, air, dan mungkin tempat air untuk mandi.
  • Ukuran baik kandang kenari setidaknya dengan panjang 40 – 50 cm.
  • Sediakan dua atau tiga kayu untuk bertengger dan akan membantu untuk dapat memakai cakarnya secara alami.
  • Tempatkan kandang atau menggantungnya sekitar 3 – 6 meter dari lantai. Hal ini untuk memastikan tempat mendapat cahaya. Kandang juga harus jauh dari pintu atau jendela di mana terkena langsung sinar matahari.
  • Kandang harus ditutup pada malam hari untuk mencegah gangguan.

Burung kenari membutuhkan lingkungan yang bersih serta makanan dan air segar sehari-hari. Perawatan kandang meliputi pembersihan tempat air dan makanan. Setiap dua sampai tiga hari bersihkan bagian bawah kandang.

Kenari membutuhkan lebih banyak tidur daripada manusia dewasa, dan mereka ingin pergi tidur di malam hari ketika matahari mulai terbenam. Jadi untuk menjada kesehatan burung kenari anda, berikanlah dia ruangan di mana tidak ada kebisingan atau cahaya buatan pada malam hari. Inilah sebab mengapa orang menutup kandang burung di malam hari, tapi ini adalah pilihan dan bukan suatu keharusan.

Jika anda ingin menjinakkan atau melatih burung kenari, yang terbaik adalah untuk membeli satu ekor burung kenari, dan lebih mudah untuk menjinakkan burung yang masih berusia muda.

 
  Incoming Keywords: pisang untuk kenari, buah pisang untuk kenari, Manfaat pisang buat kenari, makanan kesukaan burung kenari, buah pepaya untuk kenari, manfaat pisang untuk kenari, jenis sayuran yang disukai kenari, buah yang cocok untukrung kenari, bayam untuk kenari, sayuran yang disukai burung kenari

, , ,

Comments are closed.