Tips Merawat Rambut Rusak dan Kering

Apakah anda kehilangan daya tarik karena rambut anda rusak? Di bawah ini akan dijelaskan tips merawat rambut rusak dan kering yang akan sangat berguna jika rambut menjadi rusak dan juga sebagai pencegahan

Kerusakan rambut dapat terjadi karena produk hair styling yang berlebihan atau juga karena peralatan penataan rambut. Setiap kali anda menyisir rambut maka anda menyadari bahwa rambut anda secara bertahap kehilangan daya tariknya. Dalam hal ini adalah wajib untuk mencari tahu akar penyebab masalah rambut rusak sehingga anda dapat memilih produk perawatan rambut yang tepat untuk rambut rusak.

Penyebab rambut rusak

Kerusakan rambut adalah tanda pertama bahwa folikel rambut menjadi lemah, yang  dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Kadang-kadang hal itu juga hasil dari proses penuaan, sementara dalam kondisi tertentu dapat disebabkan oleh beberapa penyakit kulit seperti skleroderma. Penyebab yang umum, hal itu disebabkan karena overstyling, paparan panas yang berlebihan dari hair dryer, pelurus rambut, menyisir dengan kasar, dsb.

Menggunakan pewarna rambut merupakan penyebab utama rambut kering dan rapuh, yang lebih rentan terhadap rambut rusak. Oleh karena itu, kita harus selalu berhati-hati saat memilih pewarna rambut. Pewarna rambut, yang bebas dari amonia dan disertai dengan protein alami dan vitamin akan berdampak kurang keras pada rambut. Namun rambut kering tidak dapat dihindari, tidak peduli seberapa baik kualitas pewarna rambut tersebut. Kadang-kadang, hal itu juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan rendahnya tingkat hormon testosteron. Ini adalah fakta bahwa pola makan memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut dan pola makan buruk yang tidak mengandung cukup vitamin, mineral, dan protein dapat membuat rambut rapuh.

Merawat rambut rusak dan kering

Rambut kering lebih cenderung mudah pecah, melembabkan rambut adalah langkah pertama untuk mengatasi rambut kering. Pelembab akan membuat rambut halus dan lembut dengan mengisi kelembaban hilang. Dalam hal ini, hot oil treatment memerlukan perhatian khusus, karena dapat memberikan minyak yang sangat dibutuhkan untuk kelembaban  rambut, selain itu juga dapat memberikan vitamin penting seperti vitamin E untuk pertumbuhan rambut. Minyak alami seperti minyak kelapa murni, zaitun dan minyak almond adalah yang terbaik dalam hot oil treatment. Anda hanya perlu menghangatkan salah satu minyak alami tersebut dan kemudian memijat kulit kepala dengan lembut. Biarkan selama beberapa waktu dan kemudian bilas.

>>  Minyak Zaitun untuk Pertumbuhan Rambut Sehat

Selain minyak alami, anda perlu menerapkan kondisioner yang baik, terutama setelah keramas. Selalu gunakan kondisioner yang dapat menembus poros rambut untuk membuat rambut lebih kuat. Orang dengan rambut kering juga harus menghindari keramas setiap hari. Shampoo herbal dengan bahan-bahan alami adalah yang terbaik untuk rambut kering dan keriting. Jangan sisir rambut dengan kasar, gunakanlah sisir bergigi lebar. Pemangkasan rambut dengan teratur sangat penting untuk melindungi rambut dari kerusakan. Bila anda tidak memangkas rambut untuk waktu yang sangat lama, ujung folikel rambut cenderung menjadi lebih tipis. Hair Straightener

Pola makan sehat akan membuat rambut anda kuat dan berkilau. Vitamin dan mineral dapat memainkan peran penting dalam cara mengatasi rambut rusak. Vitamin E dan vitamin C, adalah beberapa vitamin esensial yang harus dikonsumsi jika anda ingin memiliki rambut yang kuat dan indah, bebas dari kerusakan. Selain vitamin dan mineral, kandungan makanan harus kaya kalsium seperti telur, susu, sayuran dan buah-buahan.

Anda dapat melindungi rambut anda dari kekeringan dan kerusakan dengan menggunakan produk perawatan rambut, membatasi penggunaan bahan kimia, memilih gaya rambut yang tidak memberi banyak tekanan pada rambut, dan makan makanan yang sehat. Beberapa tips merawat rambut rusak ini tidak hanya akan membantu anda untuk mengatasi masalah ini, tetapi jika dilakukan secara teratur dan benar, akan membuat rambut berkilau yang akan membuat iri semua orang.

 
  Incoming Keywords: perawatan rambit rusak dan rapuh

, ,

Comments are closed.