Sejarah Handphone dan Penemunya dengan Singkat

sejarah hpKebanyakan dari kita memakai handphone tetapi belum mengetahui juga sejarah handphone. Untuk anda yang ingin mengetahui sejarah handphone, artikel di bawah akan menceritakannya.

Handphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Handphone juga disebut sebagai telepon genggam, nirkabel, dan telepon seluler atau ponsel.  Saat ini, ponsel mendukung sejumlah layanan dan aksesoris ponsel, termasuk SMS, email, game, internet, kamera, perekam video, bluetooth, radio, MP3/MP4 player dan bahkan untuk perangkat GPS.

Sejarah Handphone

Sebelum perkembangan handphone, orang menggunakan radio dua arah seperti walkie talkie untuk berkomunikasi. Gagasan di balik radio dua arah memunculkan ide penemuan handphone.

Sejarah handphone bermula pada tahun 1908, dengan dikeluarkannya US patent 887.357 untuk telepon nirkabel yang diciptakan oleh Nathan B. Stubblefield. Kemudian pada tahun 1947 mulailah dirancangnya BTS. Penemuan ini mengambil tampilan baru dan bentuk selama tahun 1960-an. Perangkat telepon genggam seperti yang kita gunakan saat ini, mulai ada sejak tahun 1973.

Penemu Handphone

Handphone, perangkat portabel melalui transmisi nirkabel, adalah salah satu penemuan dalam dunia teknologi. Para ilmuwan percaya bahwa adalah mungkin untuk menciptakan telepon yang bisa dibawa-bawa oleh penggunanya. Handphone telah membawa perubahan dramatis bagi dunia komunikasi. Perkembangan handphone telah membuat komunikasi jarak jauh menjadi dalam hitungan detik.

Dr Martin Cooper, mantan karyawan Motorola, adalah penemu handphone pertama. Pada tahun 1973 Dr Cooper membuat handphone pertama. Penerima panggilan dari handphone yang pertama kali adalah Joel Angel, kepala penelitian AT&T Bell Labs, sekaligus saingan Dr Cooper. Namun ada juga cerita lain yang mengatakan bahwa Dr Cooper hanya membangun telepon radio dan penemu handphone sebenarnya adalah AT&T Bell Labs Technology.

>>  Pulsa Elektrik Murah Semarang

Setelah lama berselang dan berkembangnya penemuan handphone, maka inovasi-inovasi baru muncul dan mulai dicoba, seperti;

Layanan data pada handphone dan SMS pada tahun 1993, di Finlandia.
Percobaan pembayaran melalui handphone, di Finlandia, pada tahun 1998.
Pembayaran elektronik di Norwegia, pada tahun 1999.
Penjualan nada dering, di Finlandia, pada tahun 1998.
Akses internet melalui i-Mode, oleh NTT DoCoMo, Jepang, pada tahun 1999.

Handphone menjadi salah satu penemuan revolusioner umat manusia. Kita telah mendapat banyak manfaat dari munculnya teknologi mobile.

 
  Incoming Keywords: Penemu hp, penemu handphone, sejarah handphone, sejarah hp, orang pertama menciptkan telpon seluler, sejarah singkat handphone, sejarah handphone pertama didunia, hp pertama kali ada, orang yang pertama kali membuat handphone, sejarah penemuan hp

, , , ,

Comments are closed.