Cara Kerja Handphone dengan Ringkas

cara kerja handphone

Cara kerja handphone adalah mengubah pesan suara menjadi gelombang radio, artikel berikut ini akan menjelaskannya.

Handphone adalah perangkat mobile yang digunakan untuk komunikasi suara dan data melalui jaringan BTS. Seperti yang kita semua tahu, handphone saat ini juga digunakan untuk tujuan lain selain fungsi suara, yang merupakan tujuan utamanya. Saat ini, handphone digunakan untuk mengirim pesan teks melalui SMS, untuk mengirim dan menerima video dan foto melalui MMS, serta layanan email dan internet. Handphone di era modern juga mendukung teknologi seperti inframerah dan bluetooth, sehingga menjadikan komunikasi makin murah. Bagi kebanyakan dari kita tidak bisa hidup tanpa handphone, bahkan sewaktu malam, handphone digunakan sebagai alat bermain menjelang tidur.

Cara kerja handphone

Handphone adalah radio dua arah, seperti mengirim dan menerima sinyal radio melalui jaringan BTS. Ketika seseorang berbicara di telepon seluler, pesan suara akan dikonversi menjadi gelombang radio. Gelombang radio berjalan melalui udara sampai mencapai BTS terdekat. BTS kemudian mengirimkan panggilan ke jaringan komunikasi pada penerima yang dituju.

BTS yang membentuk jaringan telepon dilengkapi dengan antena dan biasanya tersusun dengan bentuk struktur tinggi seperti tiang atau menara.

Handphone memperoleh daya listrik dari baterai yang dapat diisi ulang. Baterai lithium ion adalah yang sering digunakan untuk ponsel. Namun banyak juga yang menggunakan baterai lithium polymer karena fleksibilitasnya. Di bawah baterai handphone terdapat microchip yang dikenal dengan nama SIM card – Subscriber Identification Module. Chip kecil ini menyimpan konfigurasi telepon dan informasi tentang telepon.

Teknologi selular telah berkembang dari generasi ke generasi. Setelah penemuan handphone, telepon seluler generasi pertama dikembangkan di Jepang pada tahun 1979. Generasi kedua dimulai di Finlandia pada tahun 1991 dan mulai menciptakan penggunaan teknologi digital seperti GSM dan CDMA. Sistem generasi ketiga dimulai di Jepang pada tahun 2001. Generasi keempat memberikan akses internet mobile, mobile TV, konferensi video dan VOIP pada kecepatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan layanan generasi sebelumnya.

>>  Daftar HP Android Terbaik & Berkualitas

Selagi anda bepergian membawa handphone, jaringan telekomunikasi di sekitar anda sedang bekerja dan memfasilitasi panggilan, serta membantu anda untuk tetap terhubung.

 
  Incoming Keywords: cara kerja hp, prinsip kerja telepon seluler, cara kerja handphone, cara kerja telfon singkat, cara penggunaan teknologi handphone, cara kerja handphone da, cara kerja sinyal pada telepon seluler, cara kerja sistem di hp, cara kerja telepon seluler untuk komunikadi, yg dimaksud radio seluler dlm hp

,

Comments are closed.