Karyawan dengan Gaji Pas-Pasan

Bekerja dan menjadi karyawan adalah hal yang bagus daripada anda tidak bekerja sama sekali. Anda dapat mengandalkan akan penghasilan tetap anda setiap bulan. Hal ini memberikan kesempatan bagi karyawan untuk menabung ataupun mengumpulkan modal untuk usahanya. Tapi dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan, bagaimana seorang karyawan dapat mengumpulkan modal dari gajinya?

Jika anda berada dalam situasi seperti ini mungkin saran di bawah dapat membantu untuk memecahkan dilema ini:

1. Membuat daftar pengeluaran anda, perhatikan biaya bulanan yang anda keluarkan setiap bulannya. Cobalah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Memasak makanan sendiri umumnya lebih murah dibandingkan membeli makanan dan lebih higienis juga. Tapi jika anda tidak memiliki waktu untuk memasak, cobalah untuk menemukan tempat di mana anda bisa mendapatkan makanan yang layak tanpa mengeluarkan anggaran yang besar sesuai ukuran anda.

2. Anda dapat meminjam dana jika anda mampu untuk membayar bunganya. Tapi jika tidak maka hal itu akan beresiko besar. Akan selalu lebih bijaksana dan nyaman jika anda menggunakan uang anda sendiri.

3. Jual barang-barang yang tidak lagi diperlukan. Survey rumah anda, apakah terdapat barang yang sudah tidak anda perlukan lagi tetapi masih berguna untuk orang lain.

Daftar di atas hanya sedikit saran. Jika anda memiliki kemauan untuk berhasil maka juga akan menemukan jalan.

,

Comments are closed.