Membangun Reputasi di Internet yang Baik untuk Usaha Kecil

Membangun reputasi di internet yang baik sangat penting untuk sebuah perusahaan dari sudut pandang bisnis, bahkan juga bagi setiap individu dengan profil pribadinya. Berikut adalah beberapa saran yang akan membantu anda untuk membangun dan mempertahankan reputasi anda di internet.

Dalam dunia yang serba cepat saat ini, banyak orang memiliki profil dan meninggalkan jejak di internet. Suatu hal penting, bahwa apa pun yang kita pasang mencerminkan hal positif tentang kita. Ini secara langsung mempengaruhi apa dan bagaimana yang orang-orang pikirkan tentang kita. Hal ini terutama berlaku untuk bisnis. Internet merupakan sarana terbesar untuk iklan produk anda. Jadi intinya anda harus ber-hati-hati bagaimana melakukan pemasaran lewat internet dan bagaimana cara untuk memuaskan pelanggan anda. Seorang pelanggan yang puas ada kemungkinkan membuat postingan atau review positif yang dapat meningkatkan bisnis anda, tetapi pada saat yang sama pelanggan yang tidak puas akan dapat merusak reputasi anda dalam waktu singkat dengan posting review yang buruk dan tidak menguntungkan. Untuk mencegah hal ini terjadi, banyak perusahaan besar mengelola dan menjaga reputasi mereka dengan meminta bantuan dari jasa layanan reputasi internet. Tapi apakah langkah yang akan anda ambil sendiri untuk menjaga reputasi anda, terutama jika anda memiliki usaha kecil atau mungkin memiliki profil pribadi, website atau blog?

Membangun reputasi di internet

Menciptakan brand dan image yang baik
Jika anda adalah pencari kerja dan berencana untuk mengirim resume anda secara online, maka sangat penting bahwa resume anda menciptakan kesan positif tentang anda. Jika anda memiliki profil di situs jejaring sosial atau blog, pastikan mengandung konten yang baik tentang diri anda. Calon bos akan melakukan penelusuran dan dipengaruhi oleh apa yang terdapat pada profil anda. Seperti yang mereka katakan, kesan pertama adalah kesan terakhir. Jika anda mempunyai blog, janganlah pernah berbohong tentang diri anda atau apa yang telah anda tulis. Berikanlah konten yang bermanfaat dan wawasan berharga, pemikiran, dan bahan berkualitas tinggi. Pada saat yang sama, perlu anda ingat untuk tidak membocorkan informasi pribadi terlalu banyak tentang diri anda.

Satu contoh kasus: A mengirim lamaran pekerjaan secara online melalui email pribadi. Kemudian perekrut mencoba menelusuri email A dan tanpa sengaja menemukan email tersebut pada daftar pencarian di situs jejaring sosial, misal facebook. Kebetulan facebook A tidaklah privat dan bisa dilihat. Atau mungkin juga perekrut menggunakan tak tik lain agar – bagaimana caranya bisa untuk melihat profil A di facebook. Nah, dari profil tersebut akan terlihat gambaran dari A atau setidaknya sedikit dari karakteristik.

>>  Strategi Marketing Abad 21

Jika anda memiliki sebuah bisnis, pastikan situs anda berisi semua informasi tentang produk dan jasa anda dengan jelas. Informasi yang tidak lengkap akan membuat calon klien merasa tidak nyaman dan mereka mungkin meninggalkan situs dan mencari ke tempat lain. Sorot semua ulasan positif tentang produk anda dengan memberikan link pada mereka. Jika anda telah menerima testimonial, berikanlah link rujukan kepada mereka. Memulai sebuah blog akan membantu anda berinteraksi lebih dekat dengan pelanggan, dan bisnis anda akan mendapat keuntungan jika anda mendapatkan umpan balik yang konstruktif dari mereka. Pastikan untuk membuat sebuah halaman untuk bisnis anda di semua situs jejaring sosial. Menarik pembaca ke situs anda, setelah itu mintalah teman-teman anda untuk menyediakan link ke konten anda di blog mereka. Hal ini sering berfungsi untuk meningkatkan jumlah orang yang mengunjungi halaman anda, dan merupakan alat yang hebat untuk meningkatkan prospek yang baik dalam mempromosikan bisnis dan membangun reputasi anda.

Periksa dan tanggapi apa yang orang katakan
Seringkalilah memonitor reputasi anda. Jika anda menemukan review negatif, cobalah untuk berhubungan dengan orang-orang yang terkait. Salah satu jalan keluar adalah meminta maaf kepada pelanggan dan katakan padanya bahwa anda akan melakukan yang terbaik untuk memperbaiki masalah. Bagaimana cara anda menangani keluhan akan mempengaruhi bisnis anda. Pada saat yang sama, jika seorang pelanggan memberikan review positif berterima kasih padanya. Lakukan kegiatan monitoring ini setiap hari, sehingga anda dapat mengurus semua komentar negatif sebelum mereka mulai merusak reputasi online anda.

Membangun hubungan dengan orang yang mempunyai minat yang sama
Jika anda tidak membangun dan mempertahankan hubungan dengan orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama, anda bisa kehilangan pelanggan. Anda dapat berbagi banyak informasi dengan orang-orang yang mempunyai bisnis yang serupa dengan anda. Bergabung dengan mitra bisnis di bidang yang sama pada akhirnya akan mengarah pada peningkatan trafik untuk situs anda.

Membangun reputasi online membutuhkan waktu, dan sekali anda membangunnya, mengelola juga sama pentingnya, dan ketika anda melakukannya, baik pelanggan atau saingan akan melirik anda.

,

Comments are closed.