Tips Menulis Puisi

Ingin tahu bagaimana cara menulis puisi? Hal ini membutuhkan imajinasi, emosi dan kemampuan presentasi yang tepat.

Menulis puisi adalah tugas yang cukup susah, tidak seperti menulis prosa. Mungkin bagi beberapa orang dapat dengan mudah menciptakan puisi dengan cukup mudah, tap bagi yang lain itu adalah tugas yang berat. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat seseorang menulis puisi. Berikut adalah hal-hal untuk dipertimbangkan dalam menulis puisi yang akan membuat proses membuat puisi lebih mudah bagi anda.

Cara menulis puisi

Tema
Tema adalah titik awal dari puisi yang akan anda buat, tentang apakah puisi tersebut. Apakah yang anda coba sampaikan melalui puisi anda? Apakah cerita, pengalaman, peristiwa, atau tempat?

Sebuah cara yang menarik untuk menuliskan kata-kata, frase atau kalimat ketika anda berpikir tentang tema puisi anda.

Perasaan
Dengan kata-kata, anda harus menyampaikan apa yang anda rasakan. Para pembaca harus memahami kedalaman apa yang anda alami. Puisi pada dasarnya adalah tentang emosi penyair. Perasaan apakah yang datang ke pikiran anda ketika anda melihat obyek.

Kondisi atau suasana
Bagaimanakah anda ingin menggambarkan gagasan dan perasaan melalui puisi ini?menulis puisi
Apakah anda ingin membuat sebuah puisi yang serius, atau yang lucu, yang kasar atau yang sopan?
Suasana hati seringkali dapat membantu anda menyampaikan perasaan lebih efektif. Cobalah untuk menulis satu atau dua kalimat yang berisi tema dan perasaan dalam suasana hati yang berbeda.

Gaya penulisan
Pilih gaya penulisan puisi yang mudah bagi anda. Penyair paling modern sering menggunakan gaya sajak bebas. Meskipun, untuk pemula, gaya ini mungkin tidak memiliki struktur formal dan terdengar mudah.

Target
Untuk siapa anda menulis? Target pendengar dari puisi tersebut dapat membantu anda dalam memilih bahasa, gaya, dan kata-kata yang akan anda gunakan dalam karya puisi anda. Bacakan puisi anda ke beberapa teman, kerabat, dan tetangga anda, yang cocok dengan uraian anda dengan target anda. Mintalah umpan balik mereka dan apa yang mereka rasakan tentang puisi itu.

>>  Cara Menulis Metodologi yang Baik dan Benar

Tips Bermanfaat

  • Pelajari bentuk dan gaya yang digunakan oleh penyair-penyair terkenal untuk menjadi lebih akrab dengan struktur, format, sajak ritme, bersama dengan unsur-unsur lain yang digunakan dalam menulis puisi.
  • Buatlah jurnal atau buku harian di mana anda merekam pikiran, perasaan dan pengalaman, bahkan mimpi.
  • Bertukar wawasan dengan orang lain yang mempunyai minat yang sama dengan anda. Hal ini akan membuat pengetahuan anda bertambah.

Menulis puisi tentu membutuhkan ketulusan dan imajinasi, tetapi jika anda berniat maka anda bisa melakukannya.

 
  Incoming Keywords: cara membuat puisi, cara menulis puisi, cara mudah membuat puisi, contoh penulisan puisi, contoh puisi cara penulisan karya puisi yg benar, menulis puisi yang baik dan benar, tips membuat puisi yang bagus, tips menulis puisi

, , , ,

Comments are closed.