Penyebab Pemanasan Global dan Dampaknya

Pemanasan global pada intinya adalah proses dimana temperatur bumi meningkat. Ada beberapa penyebab dari pemanasan global yaitu sebab alami dan antropogenik. Memahami penyebab pemanasan global dan dampaknya dapat memberikan gambaran singkat tentang fenomena yang harus kita hadapi.

Penyebab pemanasan global

Penyebab alami
Penyebab alami dari pemanasan global termasuk gas metan, perubahan iklim, letusan gunung berapi, dsb. Meskipun alam menjadi penyebab pemanasan global, penyebab ini tidak begitu berarti bila dibandingkan dengan penyebab antropogenik.

Penyebab antropogenik
Penyebab antropogenik adalah penyebab pemanasan global yang disebabkan karena campur tangan atau aktivitas manusia. Penyebab antropogenik yang paling menonjol adalah polusi udara. Sebagian besar polusi ini dapat dikaitkan dengan pembakaran bahan bakar. Hal ini termasuk pembakaran batu bara untuk menghasilkan listrik maupun bensin untuk mesin kendaraan dan pabrik.

Dampak pemanasan global

Perubahan permukaan laut
Oleh karena temperatur bumi semakin meningkat, lapisan es di bumi juga akan mulai mencair. Air dari gletser akanpemanasan global berakhir di lautan, yang akan mengakibatkan naiknya permukaan laut. Selama beberapa abad terakhir ini, permukaan air laut telah meningkat setinggi 10 cm sampai 20 cm. Kenaikan tersebut akan menyebabkan banyak daerah di dataran rendah menjadi terendam air. Jika seluruh lapisan es di antartika mencair, maka permukaan air laut diperkirakan akan naik hingga 10,5 meter tingginya.

Perubahan pola iklim yang drastis
Pemanasan global akan mengubah pola iklim di planet bumi tercinta ini. Perubahan pola curah hujan akan dapat memicu kekeringan di beberapa daerah. Pemanasan atmosfer akan meningkatkan suhu air laut yang akan terus menjadi hangat selama beberapa abad. Air hangat akan menyebabkan bencana alam yang sering terjadi seperti badai. Secara keseluruhan, planet ini akan mengalami kondisi cuaca buruk yang ditandai dengan banjir dan kekeringan, gelombang panas, dan gelombang dingin.

>>  Cara Menanggulangi Polusi Air

Kepunahan flora dan fauna
Kenaikan temperatur juga akan membuat keanekaragaman hayati makin terpuruk. Perubahan iklim akan mengakibatkan hilangnya habitat bagi banyak spesies hewan seperti beruang kutub dan katak tropis. Setiap pola perubahan iklim akan mempengaruhi pola migrasi dari berbagai jenis burung.

Dampak pada manusia
Sedangkan dampak pemanasan global pada manusia yaitu akan mempengaruhi makanan dan pasokan air serta kondisi kesehatan kita. Perubahan curah hujan akan mempengaruhi kebutuhan dasar seperti pertanian, produksi listrik, dsb. Perubahan mendadak dalam pola iklim akan memiliki efek berbahaya pada tubuh manusia yang tidak akan mampu bertahan dalam kondisi yang berat, selain juga akan timbul penyakit menular yang makin bertambah. Banyak orang akan meninggal karena kekurangan gizi akibat produksi makanan akan menurun yang disebabkan bencana kekeringan dan banjir.

Seringkali orang-orang mempunyai opini bahwa pemanasan global adalah sebuah proses yang lambat dan membutuhkan waktu berabad-abad sehingga orang-orang yang mempunyai pendapat ini nampak tenang-tenang saja. Orang-orang ini mengabaikan fakta bahwa di mana kita sebagai manusia, yang menjadi penyebab bahaya ini juga semakin meningkat, dan diperkirakan akan meningkat pada tingkat yang lebih cepat di masa mendatang. Kita selama ini telah cukup banyak melakukan kerusakan, dan oleh karena itu sudah saatnya bagi kita untuk memahami penyebab pemanasan global dan dampaknya di masa depan serta mengambil solusi untuk mengatasi pemanasan global.

 
  Incoming Keywords: penyebab dan dampak dari pemanasan global

,

Comments are closed.