Manfaat dan Pentingnya Mencuci Tangan dengan Benar

Sejauh manakah manfaat dan pentingnya mencuci tangan itu? Ada banyak orang yang berpikir bahwa mencuci tangan sesering mungkin adalah membuang waktu mereka. Namun, mereka tidak menyadari bahwa tangan kita merupakan inang dari bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit menular. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pentingnya mencuci tangan dan bagaimana hal itu dapat menyelamatkan kita dari berbagai penyakit, artikel kesehatan berikut ini akan menjawabnya.

Tahukah anda bahwa mencuci tangan secara teratur adalah faktor yang paling penting untuk menjaga kesehatan? Setiap manusia kontak dengan kuman dan bakteri dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mikroorganisme berbahaya yang hadir di sekitar kita seperti pada, uang, pegangan pintu, kran, lampu, pagar tangga. Banyak orang menyentuh benda-benda ini saat melakukan pekerjaan rutin mereka, dan tanpa berpikir banyak, dengan tangan yang sama menyentuh pula wajah mereka, mata, hidung dan juga makanan. Kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh kita, menyebabkan kita terserang penyakit. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita semua untuk mengetahui dan mendidik diri kita  agar menjalani gaya hidup sehat.

Pentingnya mencuci tangan

Manfaat mencuci tangan yang paling penting adalah mencegah dari terinfeksi sejumlah penyakit berbahaya. Orang yang ceroboh dan jarang mencuci tangan mereka berada pada resiko yang lebih tinggi terkena penyakit flu. Tidak mencuci tangan juga dapat menyebabkan sakit diare. Cara mencuci tangan yang tidak benar dapat menyebabkan pneumonia pada orang tua dan orang-orang yang terdiagnosis dengan penyakit kronis.

Cara mencuci tangan dengan benar
Tidak banyak orang tahu bagaimana mencuci tangan mereka dengan benar. Membersihkan tangan tidak berarti hanya membasuh tangan dengan air. Hal paling penting yang perlu dilakukan untuk mencuci tangan anda adalah dengan sabun. Basahi tangan dengan air dan kemudian beri sabun tangan anda dan gosok secara menyeluruh, dengan sabun mencapai kedua sisi tangan sampai pergelangan tangan dan juga di antara sela-sela jari. Lalu, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau tisu. Metode lain yang bisa digunakan saat bila tidak ada sabun atau air adalah dengan memanfaatkan pembersih berbasis alkohol. Menyeka tangan dengan tisu atau lap sesekali juga merupakan cara yang baik untuk menjaga tangan agar tetap bersih.

>>  Sejarah dan Evolusi Pijat Shiatsu

Untuk mencegah bahaya tangan dari penyakit, sangat penting bagi untuk tahu kapan harus mencuci tangan;

  1. Setelah menggunakan kamar kecil di rumah atau di tempat umum
  2. Setelah mengunjungi pasien di rumah sakit
  3. Sebelum dan setelah makan
  4. Sebelum dan setelah mulai memasak makanan, terutama daging, ikan dan unggas
  5. Setelah mengganti popok bayi
  6. Setelah menyentuh hewan peliharaan atau membersihkan kotoran mereka
  7. Sebelum menyentuh bayi muda dan anak-anak
  8. Sebelum dan sesudah menyentuh kulit yang terluka
  9. Setelah membuang sampah
  10. Setelah bersin dan batuk, dsb

Mengetahui manfaat pentingnya mencuci tangan akan membantu anda dalam menghindari penyakit menular. Orang-orang yang bekerja di rumah sakit dan sektor kesehatan lainnya harus tetap menjaga kebersihan. Kita juga harus ingat bahwa di rumah, kita dapat saja terinfeksi penyakit akibat bakteri. Oleh sebab itu perlu bagi kita untuk mengajarkan metode mencuci tangan yang tepat pada keluarga kita, terutama pada anak-anak. Dengan mengajarkan manfaat mencuci tangan pada anak-anak dan pentingnya mencuci tangan dengan benar, anda akan mengambil langkah yang sangat penting untuk menuju dan menjalani hidup sehat.

 
  Incoming Keywords: manfaat cuci tangan, jelaskan manfaat cuci Tangan, kegunaan mencuci tangan, manfaat mencuci tangan, manfaat cuci tangan yang baik, tujuan mencuci tangan, artikel kesehatan mencuci tangan, Manfaat cuci tangan pakai sabun, tujuan cuci tangan 7 langkah, pengertian cuci tangan

,

Comments are closed.