Penyakit Infeksi Ginjal, Penyebab+Gejala+Diagnosa

Glomerulonefritis dan pielonefritis adalah dua penyakit infeksi ginjal yang mempengaruhi organ ginjal pada umumnya. Di sini kita akan melihat beberapa penyebab infeksi ginjal yang terkait. Ginjal merupakan salah satu organ yang paling penting dari tubuh manusia dan membantu dalam menjaga darah agar bersih. Ginjal membantu peredaran darah dan sistem pencernaan dengan menjaga komposisi bahan kimia dalam tubuh agar seimbang. Ginjal terletak di tengah punggung, tepat di bawah tulang rusuk. Kedua ginjal terletak di setiap sisi tulang belakang. Pemecahan jaringan dan makanan, menyebabkan ekskresi limbah dalam darah, yang dikeluarkan oleh ginjal. Jika ginjal tidak menghilangkan limbah beracun dari tubuh, maka menyebabkan gagal ginjal dan berbagai penyakit ginjal lainnya. Ginjal benar-benar membuang sampah dengan dibantu nefron. Glomerulus dan tubulus juga bersama-sama dengan nefron melakukan proses pembuangan limbah.

Penyebab infeksi ginjal

Penyebab infeksi ginjal dapat bervariasi pada jenis infeksi yang terjadi. Penyakit ginjal berkembang secara bertahap karena kekuatan ketahanan ginjal, tetapi selama beberapa tahun, akan dapat mengakibatkan infeksi lebih berat.

Pielonefritis
Pielonefritis, salah satu infeksi yang disebabkan karena bakteri. Bakteri biasanya berada di usus, karena limbah di ginjal. Bakteri pada kandung kemih menjalar naik dan mencapai pelvis ginjal, disebut pielonefritis.

Glomerulonefritis
Pada glomerulonefritis, filter dari ginjal (glomeruli) rusak dan ini membuat urin bercampur darah. Beberapa ahli medis setuju bahwa glomerulonefritis juga dapat disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang lemah, yang menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan virus. Pada anak-anak, infeksi streptokokus diyakini sebagai penyebab utama dari glomerulonefritis. Infeksi pada sistem tenggorokan dan pernafasan juga menyebabkan glomerulonefritis pada anak-anak.

Diabetes mellitus
Salah satu faktor risiko utama atau penyebab infeksi ginjal adalah diabetes mellitus, yang dapat menyebabkan gagal ginjal dan komplikasi parah pada ginjal.

Gejala penyakit ginjal

  • Rasa terbakar saat buang air kecil indikasi adanya infeksi ginjal. Ini adalah salah satu gejala yang jelas dari infeksi saluran kemih. Hal ini mungkin menjadi sulit bagi orang untuk buang air kecil.
  • Sakit pada punggung terus-menerus untuk waktu yang lama, kemungkinan terkena penyakit ginjal. Rasa sakit mungkin tidak menentu dan dapat terulang selama beberapa hari saat bepergian, duduk atau berjalan.
  • Demam ringan pada tahap awal dari infeksi ginjal sering terjadi. Bahkan mungkin ada kenaikan drastis pada demam pada tahap akhir dari infeksi.
  • Jika anda mengalami kelelahan terus menerus, maka itu sangat mungkin bahwa ginjal anda terinfeksi. Anda dapat mencoba untuk beraktivitas, tetapi anda akan merasa lelah dan benar-benar menguras energi. Kadang-kadang, anda mungkin merasa sulit untuk menjaga mata tetap terbuka.

Diagnosa

Diagnosa termasuk pada pemeriksaan darah dan urin dari orang tersebut. Akan dapat terlihat, jika orang tersebut terkena infeksi pada organ ginjal. Untuk penanganan awal dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik. Jika gejalanya bertahan, disertai oleh dehidrasi, maka orang tersebut harus dirawat di rumah sakit. Minum banyak cairan dan mempertahankan gaya hidup sehat dapat mencegah kita dari infeksi ginjal tersebut.

Hal ini sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan orang tersebut, setelah didiagnosis terkena infeksi ginjal. Kasus yang sangat parah dari infeksi ginjal dapat menyebabkan keracunan darah di bagian ginjal.

 
  Incoming Keywords: ciri2 infeksi ginjal, gejala infeksi ginjal, tanda tanda infeksi saluran ginjal, pemeriksaan darah pada infeksi ginjal, ciri ciri infeksi ginjal, ciri-ciri infeksi pada ginjal, ciri ciri sakit infeksi ginjal, ciri ciri infksi ginjal, ciri ciri infeksi ringan ginjal, tentang penyakit infeksi ginjal

, ,

Comments are closed.