Hubungan Deforestasi dan Pemanasan Global

Apakah hubungan deforestasi dan pemanasan global serta penyebab dan dampaknya? Artikel tentang lingkungan hidup di bawah akan menjelaskan lebih lanjut.

Deforestasi dan pemanasan global

Pohon memainkan peran penting dalam keseimbangan ekosistem. Deforestasi adalah proses penebangan pohon ataupun penggudulan hutan untuk membuat ruang yang lebih luas untuk industri dan rumah tangga dari populasi manusia yang terus meningkat. Penebangan pohon yang berlebihan untuk perluasan area perkotaan dan tujuan lainnya sebenarnya merugikan keseimbangan lingkungan. Hal ini perlu dapat dikatakan bahwa deforestasi memiliki beberapa dampak buruk terhadap lingkungan.

Salah satu kerugian utama dari deforestasi adalah mengganggu siklus air. Pohon berguna untuk menyerap air dari tanah dan melepaskan uap air ke atmosfer. Deforestasi menyebabkan gangguan pada siklus air dan membuat lingkungan lebih kering. Perubahan iklim adalah hasil parah dari penebangan pohon berlebihan. Pepohonan menyimpan karbon dari atmosfer selama proses fotosintesis.

Penggudulan hutan akan menghasilkan peningkatan jumlah karbon dan gas rumah kaca bagi lingkungan. Kebakaran hutan juga membuang sejumlah besar karbon dioksida ke udara. Karbon dioksida dan gas rumah kaca lain seperti oksida nitrogen dan metana menambah panas di atmosfer, sehingga meningkatkan suhu permukaan bumi. Peningkatan suhu di permukaan bumi dan lautan disebut sebagai pemanasan global.

Kenaikan temperatur di planet kita akan dapat menyebabkan permukaan laut meningkat. Pemanasan global sudah mulai menyebabkan mencairnya gletser dan es di kutub, sehingga menambah kenaikan permukaan laut. Fenomena ini merupakan ancaman serius bagi kehidupan di bumi dan itu termasuk kita, yang perlu mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencegah hal itu terjadi.

Kita tidak boleh lupa bahwa pohon berpengaruh di dalam keanekaragaman hayati. Dengan menebangi pohon, kita merampas sumber makanan hewan dan menyebabkan kehancuran kehidupan hewan. Hal ini dapat menyebabkan kepunahan berbagai spesies hewan. Pemanasan global yang sebagian besar disebabkan oleh penebangan hutan membahayakan kehidupan tanaman dan hewan, sehingga mengganggu keseimbangan alam.

Kondisi cuaca yang tak menentu, hasil pertanian yang menurun, dan berkembangnya penyakit adalah beberapa dampak buruk lain dari pemanasan global. Deforestasi, menjadi salah satu alasan utama di balik penyebab pemanasan global, kita perlu menunjukkan perhatian yang lebih besar terhadap penebangan pohon. Kita perlu mengambil tindakan untuk mencegah deforestasi sehingga kita dapat mewujudkan suatu lingkungan yang kondusif bagi kehidupan kita.

 
  Incoming Keywords: jurnal pemanasan global terhadap penebangan hutan, kontribusi deforestasi terhadap global warming

, ,

Comments are closed.