Gejala Awal Penyakit Ginjal Tidak Ada

Menyadari gejala awal penyakit ginjal dapat membantu setidaknya menjaga masalah ginjal yang semakin buruk. Artikel kesehatan ini akan memberikan bahasan mengenai gejala-gejala penyakit ginjal untuk referensi.

Kondisi penyakit ginjal dapat menjadi lebih berbahaya jika disertai dengan diabetes atau penyakit jantung. Diagnosis di awal kondisi dapat membantu banyak dalam mencegah ke arah yang terparah yaitu gagal ginjal. Namun sayangnya, penyakit ginjal seringkali tidak menunjukkan gejala awal, baru jika dalam kondisi yang lebih luas akan dapat diketahui. Penyakit ginjal sendiri pada umumnya dikategorikan menjadi 2 yaitu akut dan kronis. Keduanya dibedakan karena waktu terjadinya, akut adalah yang tiba-tiba terjadi dalam waktu cepat dan kronis secara bertahap. Di sini hanya akan diberikan gejala penyakit ginjal pada umumnya.

Gejala penyakit ginjal pada awalnya

Gangguan buang air kecil
Setiap gangguan yang berhubungan dengan sistem fungsi ginjal biasanya muncul dalam bentuk kerusakan pada kandung kemih. Penderita penyakit ginjal sering untuk buang air kecil pada malam hari, dan kadang-kadang juga sulit untuk buang air kecil. Gangguan ginjal dapat juga ditandai dengan bercampurnya darah dalam urin (hematuria).

Mudah lelah
Kelelahan merupakan gejala yang sering terjadi. Alasan itu terjadi adalah ketidakmampuan ginjal untuk memproduksi erythropoietin dalam jumlah yang tepat atau kurang. Hal ini menyebabkan otak dan otot mengalami mudah sekali merasa lelah.

Gatal dan mual
Penyakit ginjal menghambat fungsi organ untuk menghilangkan limbah di dalam aliran darah. Hal ini mengakibatkan akumulasi limbah, yang menjadi jelas dengan terjadinya gatal-gatal seperti alergi atau juga ruam kulit. Bertambahnya limbah dalam darah juga dapat menyebabkan mual atau muntah.

Pembengkakan
Salah satu fungsi penting yang ginjal lakukan untuk tubuh yaitu menyingkirkan kelebihan cairan. Jadi, bisa dipastikan bahwa sistem ginjal sehat menjadi tidak efisien dalam membuang kelebihan cairan. Hal ini menyebabkan gejala seperti pembengkakan di kaki, wajah, tangan, dan pergelangan kaki.

>>  Batu Ginjal Penyebab Gejala dan Diagnosis

Sakit punggung
Penderita penyakit ginjal sering mengeluh terhadap rasa sakit di punggung, atau di sisi mana ginjal yang terkena berada. Penyakit ginjal dapat mengakibatkan pembentukan kista berisi cairan pada ginjal atau hati, dan ini memicu rasa sakit.

Masalah pernapasan
Limbah yang terakumulasi, di mana ginjal tidak mampu untuk membuangnya, dapat terkumpul di paru-paru. Hal ini dapat menyebabkan sesak napas

Penderita penyakit ginjal sering mengeluh karena dalam mulutnya terdapat rasa logam. Mereka juga menderita bau mulut. Ini terjadi karena terbentuknya limbah dalam darah.

Seperti yang disebutkan, sebagian besar masalah penyakit ginjal tidak menunjukkan gejala awal sehingga dapat menunda diagnosis dan juga pengobatan. Itulah sebabnya, pemeriksaan kesehatan secara teratur diperlukan bagi orang dengan riwayat penyakit ginjal atau rentan terhadap masalah yang sama.

Comments are closed.