Nyeri Pada Ginjal Gejala Sakit Ginjal

Peyakit ginjal dapat merupakan gejala dari berbagai gangguan fungsi ginjal. Jika anda mengalami gejala yang sama, artikel ini akan membahas apa saja yang bisa menjadi penyebab penyakit ginjal.

Fungsi utama ginjal adalah untuk menjaga keseimbangan homeostatis cairan tubuh dan memainkan peran penting dalam penyaringan darah dan membuang racun berbahaya dari tubuh dalam bentuk urin. Ginjal juga membantu dalam memantau elektrolit seperti natrium dan kalium, sehingga menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh. Fungsi ginjal yang terganggu dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Gangguan pada ginjal seringkali disertai dengan nyeri dan menusuk di perut bagian bawah atau tengah, dekat tulang rusuk. Jika mengalami nyeri di bagian punggung berarti terdapat gangguan yang lebih serius. Sakit ginjal adalah salah satu indikator utama dalam fase perkembangan penyakit gagal ginjal. Hal ini mungkin disebabkan adanya batu ginjal, infeksi ginjal, kanker ginjal atau penyakit ginjal polikistik.

Penyebab nyeri pada ginjal

Perlu diingat bahwa nyeri pada ginjal di pagi hari bisa menjadi gejala dari beberapa gangguan ginjal yang parah.

Infeksi ginjal
Infeksi ginjal dalam ilmu kedokteran disebut pielonefritis, yang disebabkan karena peradangan pada jaringan ginjal. Dalam kasus infeksi ginjal, akan muncul rasa sakit dan nyeri di daerah yang terkena. Hal ini dapat disertai dengan demam tinggi. Pengobatan infeksi ginjal juga termasuk obat-obatan antibiotik.

Batu ginjal
Salah satu penyebab sakit ginjal adalah batu ginjal. Batu ginjal merupakan hasil dari kristalisasi urin. Ada berbagai jenis batu ginjal yang mungkin berkembang karena berbagai jumlah zat tertentu yang ditemukan dalam urin. Batu-batu ini bisa menyumbat saluran kencing dan menghentikan aliran urin. Akibatnya, urin tidak dikeluarkan dari ginjal. Batu ginjal dapat diobati dengan obat-obatan atau pembedahan.

>>  Gejala Awal Penyakit Ginjal Tidak Ada

Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih terutama terjadi pada wanita. Hal ini biasanya mempengaruhi kandung kemih yang dapat menyebar ke ginjal. Ketika ginjal yang terkena, seseorang akan mengalami sakit perut, demam, menggigil dan muntah.

Hal ini sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika seseorang mengalami nyeri di daerah ginjal, punggung bawah atau perut bagian bawah yang berlangsung dalam jangka waktu lebih lama. Pengobatan pada batu ginjal tergantung pada ukuran batu. Batu yang lebih kecil dapat diobati dengan bantuan obat-obatan atau herbal, sedangkan operasi mungkin diperlukan untuk mengeluarkan batu yang berukuran lebih besar. Infeksi ginjal dan infeksi saluran urin dapat diobati dengan obat antibiotik.

Selain yang disebutkan di atas, ada beberapa metode alami yang dapat meringankan masalah ini. Salah satu yang harus dicatat, bahwa penyakit ginjal seringkali terjadi karena kekurangan konsumsi air sehari-hari. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 8 – 10 gelas air untuk mencegah sakit ginjal dan penyakit ginjal. Selain itu, anda wajib menjaga pola makan yang teratur dan mencakup bahan makanan dengan kandungan air yang baik dan rendah kalsium.

Sebagai penutup, kita harus ingat bahwa semua penyebab yang disebutkan di atas dapat diobati secara efektif, jika pengobatan tepat waktu dilakukan. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengabaikan gejala sakit ginjal, berkonsultasilah dengan dokter segera.

, ,

Comments are closed.