Gejala Infeksi Ginjal Selama Kehamilan

Gejala infeksi ginjal selama kehamilan terkadang bisa sangat mengganggu kenyamanan seorang ibu hamil. Infeksi ginjal yang juga dikenal dengan pielonefritis, adalah jenis infeksi pada saluran kemih. Ginjal, ureter, uretra, dan kandung kemih merupakan sistem kemih, dan infeksi yang terjadi dalam organ-organ ini berada di bawah kategori infeksi saluran kemih. Infeksi ginjal dapat mempengaruhi baik orang dewasa maupun anak-anak, tetapi telah diamati bahwa wanita selama kehamilan berada pada peningkatan resiko untuk mengalami kondisi ini lebih tinggi karena faktor-faktor tertentu. Infeksi ginjal dapat mengakibatkan komplikasi yang parah jika tidak segera diobati.

Penyebab infeksi ginjal selama kehamilan

Infeksi biasanya  terjadi dimulai pada daerah kandung kemih yang kemudian dapat menyebar ke ginjal. Infeksi ini dikarenakan oleh bakteri yang memasuki uretra, dan kemudian secara bertahap membuat jalan ke atas ke bagian lain dari saluran kemih, sebelum akhirnya mencapai ginjal. Faktor-faktor yang dapat menghambat aliran urin atau pengosongan kandung kemih bisa menyebabkan infeksi ginjal.

Perubahan hormon dan fisik yang menyertai kehamilan kadang-kadang bisa membuat wanita lebih rentan terhadap infeksi ginjal. Selama kehamilan, ibu hamil kadang susah untuk dapat mengosongkan kandung kemih sepenuhnya. Ini membuat urin mengalir kembali ke ureter. Semua faktor ini membuat semakin sulit bagi urin melewati saluran kemih dengan cepat. Hal ini dapat memberikan lebih banyak kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak dan menyebabkan infeksi, yang akhirnya dapat menyebar ke ginjal.

Gejala infeksi ginjal selama kehamilan

Mengidentifikasi gejala infeksi ginjal selama kehamilan juga sulit. Hal ini karena, beberapa gejala infeksi ginjal dapat menyerupai seperti gejala kehamilan normal. Berikut adalah gejala infeksi ginjal selama kehamilan yang dapat dialami oleh ibu hamil;

Buang air kecil yang menyakitkan
Infeksi ginjal hampir selalu menyebabkan dorongan untuk buang air kecil sesering mungkin. Namun, dorongan untuk sering buang air kecil juga bisa dialami oleh wanita hamil bahkan tanpa adanya infeksi penyakit ginjal. Hal ini dapat terjadi karena peningkatan tekanan pada kandung kemih akibat membesarnya rahim. Namun, infeksi ginjal seringkali menyebabkan nyeri saat kencing, seiring dengan meningkatnya frekuensi buang air kecil.

Perubahan warna urin
Seiring dengan meningkatnya frekuensi untuk buang air kecil, infeksi ginjal bisa menyebabkan keluarnya urin yang abnormal. Urin mungkin terlihat agak gelap. Kadang-kadang urin juga tercampur darah (hematuria).

>>  Solusi Alami dalam Membersihkan Ginjal

Punggung terasa sakit
Sakit punggung adalah suatu kondisi yang terkait dengan kehamilan. Namun, infeksi ginjal juga bisa menyebabkan sakit punggung selama kehamilan, dan rasa sakit ini bisa sangat parah. Nyeri yang berhubungan dengan infeksi ginjal biasanya dirasakan di daerah punggung bawah atau daerah pinggang, dan di perut bagian bawah. Kadang-kadang, nyeri atau tekanan di daerah kandung kemih juga bisa terasa akibat infeksi kandung kemih.

Gejala lainnya
Demam, dingin, mual, dan muntah adalah beberapa gejala awal lainnya. Namun, mual dan muntah dapat terjadi pada kehamilan juga. Dan jika gejala tersebut disertai dengan masalah kencing, maka kemungkinan besar menunjukkan gejala infeksi ginjal, atau mempunyai masalah di bagian lain dari saluran kemih.

Mengobati infeksi ginjal selama kehamilan

Infeksi ginjal dapat juga diobati dengan antibiotik. Dalam kondisi yang parah, wanita hamil dengan infeksi ginjal mungkin perlu dirawat di rumah sakit dan diberikan cairan intravena dan antibiotik. Perawatan selama kehamilan pada dasarnya akan tergantung pada tingkat parahnya infeksi.

Jika tidak segera diobati, infeksi ginjal dapat merusak ginjal. Selain itu, wanita hamil yang mengalami infeksi ginjal dapat memiliki risiko lebih tinggi untuk melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Pengobatan yang tepat dapat membantu untuk menghindari komplikasi yang terkait dengan infeksi ginjal.

 
  Incoming Keywords: gejala penyakit ginjal pada ibu hamil, mengatasi sakit pinggang saat hamil karna gangguan ginjal, mengatasi gejala ginjal pada ibu hamil, ibu hamil bermasalah dengan ginjal, gimana kalau orang hamil mengalami gagal ginjal, tanda gangguan ginjal pada wanita hamil, ciri-ciri infeksi ginjal pda ibu hamil, Bahaya apa nggak hamil punya penyakit ginjal, Apa akibatnya orang sakit ginjal hamil higa melahirkan, Apa akibat orang sakit ginjal melahirkan

, ,

Comments are closed.