Manfaat Teh Ginseng bagi Kesehatan

ginseng khasiat

Teh ginseng adalah minuman herbal yang populer di seluruh dunia. Selain itu teh ginseng juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Artikel di bawah akan menceritakan mengenai tanaman ginseng dan manfaat teh ginseng bagi kesehatan.

Ginseng diyakini berasal di pegunungan Manchuria di Cina dan telah digunakan mulai lebih dari 5000 tahun yang lalu. Awalnya, ginseng digunakan sebagai bahan makanan, tetapi kemudian ginseng dimanfaatkan untuk kesehatan. Ginseng telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama 3000 tahun terakhir. Orang Cina menyebutnya ‘Ren Shen’yang berarti bentuk akar ginseng mirip dengan manusia. Di Jepang, ginseng disebut ‘Ninjin’ dan di Korea dikenal dengan ‘Insam’. Orang Cina menaruh kepercayaan besar terhadap ginseng dan menganggap hal itu sebagai obat untuk peremajaan dan ramuan obat untuk berbagai penyakit. Mereka juga percaya bahwa minum teh ginseng secara teratur akan membuat umur panjang. Kandungan kimia seperti ginsenosides di dalam ginseng adalah yang membuat ginseng bermanfaat bagi kesehatan.

Macam jenis ginseng di dunia

Pada dasarnya terdapat dua jenis ginseng yaitu ginseng Amerika (Panax quinquefolius) yang banyak tumbuh di Georgia, Oklahoma, Wisconsin, Minnesota, British Columbia, dan Ontario. Sedangkan jenis ginseng yang satunya lagi adalah ginseng Asia (Panax ginseng) yang sering ditemukan di Cina, Jepang, dan Korea. Kemudian muncul lagi yaitu ginseng merah atau ginseng korea yang tidak lain adalah ginseng Asia yang telah diolah. Kemudian ada lagi yang disebut dengan ginseng Siberia yang sebenarnya bukan benar-benar tanaman ginseng tetapi mempunyai kemiripan. Ginseng Siberia mengandung zat kimia yang disebut Eleutherosides, bukan ginsenosides.

Anda dapat membeli akar ginseng secara keseluruhan atau dalam bentuk bubuk. Anda juga dapat mengeringkan akar ginseng untuk dibuat teh ginseng. Kadang-kadang, daun tanaman ginseng juga dapat digunakan, tetapi tidak dianggap efektif sebagai obat. Ginseng yang dibudidayakan disebut ginseng merah dan ginseng putih. Tanaman ginseng tumbuh selama sekitar 6 tahun sebelum akarnya mulai dipanen. Perbedaannya terletak pada cara pemrosesan. Untuk membuat ginseng putih, akar harus dikupas dan dijemur. Akar menjadi kering dan terlihat putih kekuningan. Untuk membuat ginseng merah, akar dikupas dan dikukus, yang membuat warnanya menjadi coklat kemerahan, dan kemudian dikeringkan.

>>  Bolehkah Minum Teh Selama Hamil?

Manfaat teh ginseng

Anda dapat membuat teh herbal dari akar tanaman ginseng. Teh ginseng memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan dan energi. Anda dapat menggunakan akar segar atau kering untuk membuat teh ginseng herbal ini. Sesuai dengan kandungan dari ramuan ini, ada banyak manfaat teh ginseng yang disebutkan bawah ini;

  • Ginseng membantu menambah nafsu makan dan mengatasi masalah pencernaan dan pernapasan
  • Mengurangi stres fisik dan mental
  • Meremajakan tubuh dan sebagai obat lelah
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengatasi penyakit asma dan diabetes
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol
  • Efektif terhadap sakit kepala dan sakit maag
  • Sebagai obat untuk diare
  • Baik untuk sirkulasi darah
  • Meningkatkan memori dan menjaga stamina
  • Melindungi liver dari efek buruk obat-obatan
  • Manfaat teh ginseng termasuk meringankan rasa sakit waktu menstruasi

Di atas adalah beberapa manfaat teh ginseng. Ramuan ini tidak menimbulkan efek samping jika diminum sesuai dosis yang ditentukan. Mereka yang suka mengkonsumsi antidepresan, obat pengencer darah, diuretik dan obat-obatan yang berhubungan dengan tensi darah dan gula darah, harus menghindari ginseng.

 
  Incoming Keywords: manfaat korean ginseng tea, teh ginseng korea, cara membuat teh ginseng, cara menggunakan akar ginseng, manfaat gae poong korean ginseng tea, manfaat gingseng dengan teh, manfaat korean ginseng power tea, manfaat teh ginseng

,

Comments are closed.