Gangguan Kepribadian Ketergantungan

Gangguan kepribadian ketergantungan atau dependen adalah masalah psikologis di mana seseorang menjadi terlalu banyak bergantung pada orang lain. Orang tersebut akan kehilangan kemampuan untuk menilai dan merasa tak berdaya untuk membuat keputusan serta sangat sensitif terhadap hal-hal kecil.

Dari pernyataan tersebut, kemungkinan anda sudah mendapatkan sedikitnya gambaran mengenai gangguan kepribadian dependen. Seorang individu tidak dapat mengambil segala bentuk keputusan oleh dirinya sendiri dan dia sangat tergantung pada pendapat orang lain untuk memenuhi kebutuhan fisik dan emosional. Gangguan yang gangguan kepribadiankronis, memungkinkan seseorang untuk mempertahankan berbagai pemikiran menyimpang yang berkaitan dengan hidupnya, yang selanjutnya membuat dia rentan terhadap rasa cemas yang berlebihan. Dia tidak mampu bergerak maju dalam kehidupan tanpa meminta saran dari teman-teman dan orang lain atau dengan siapa saja. Singkatnya, dia mempunyai karakteristik yang sangat tergantung.

Memahami seseorang yang menderita gangguan kepribadian ketergantungan agak sulit kecuali anda sebelumnya sudah mengenalnya dengan baik. Setelah anda mengenal orang tersebut sepenuhnya, anda dapat dengan jelas melihat perilaku yang yang sebenarnya. Gejala gangguan kepribadian dependen seringkali terkait dengan terlalu banyak keterikatan fisik dan emosional dengan orang lain.

Gejala gangguan kepribadian ketergantungan

  • Menghindari tanggung jawab dalam kehidupan
  • Tidak dapat membuat keputusan tunggal tanpa meminta saran dari orang lain
  • Perlu meyakinkan diri dari orang lain berulang-ulang bahkan setelah memutuskan
  • Kurangnya kepercayaan diri, harga diri dan iman pada dirinya sendiri
  • Menerima suatu pendapat dengan mudah tanpa setuju
  • Mentolerir penganiayaan dan penghinaan tanpa keberatan
  • Sangat impulsif namun cenderung untuk tetap tenang
  • Selalu tergantung pada orang lain untuk keamanan
  • Tidak dapat merancang rencana dengan pikirannya sendiri
  • Memberikan pentingnya kebutuhan orang lain lebih dari dirinya sendiri
  • Takut tinggal sendirian
  • Bersifat manja
  • Menderita depresi dan putus asa ketika terisolasi
>>  Macam Jenis Skizofrenia

Dari gejala-gejala tersebut anda juga dapat memahami fakta, bahwa individu dengan gangguan kepribadian ketergantungan sangat sensitif. Pada saat yang sama menjadi sulit untuk memahami sifat mereka karena mereka cenderung untuk tetap tenang dan patuh untuk menekan amarah mereka.

Jika salah satu kenalan dekat anda menderita gangguan psikologi ini, maka anda dapat mebantunya dengan upaya sebagai berikut;

  1. Menaikkan rasa percaya dirinya dan mendorongnya dalam setiap cara yang mungkin.
  2. Memberinya tugas dan tanggung jawab kecil di mana dia bisa melaksanakannya.
  3. Jadilah peduli sehingga dia tidak merasa kesepian dan terisolasi.
  4. Membangun getaran positif di sekelilingnya dan menarik dia keluar dari depresi dan ketakutan.
  5. Libatkan dia dalam olahraga dan meditasi.

Pengobatan gangguan kepribadian dependen ini tidaklah mudah. Tidak ada penyebab tertentu yang terkait dengan gangguan kepribadian tersebut. Bagaimanapun, anak-anak dengan cara pengasuhan yang berlebihan lebih rentan untuk menderita gangguan kepribadian ketergantungan ketika mereka tumbuh dewasa.

 
  Incoming Keywords: anak terlalu bergantung pada ibu, bentuk ketergantungan pada orang lain, kepribadian seseorang tergantung, melepas ketergantungan terhadap orang lain, penyakit ketergantungan orang, Penyakit ketergantungan pada satu orang, penyebab gangguan kepribadian dependen

,

Comments are closed.