Pengertian Antioksidan Radikal Bebas dalam Kesehatan

Apakah antioksidan dan hubungannya dengan istilah dalam kesehatan? Tubuh kita membutuhkan banyak nutrisi yaitu vitamin, mineral, karbohidrat, protein dan lemak, dan juga air. Setiap nutrisi memainkan peran penting dalam fungsi tubuh. Salah satu peran penting adalah mengurangi radikal bebas, yang dilakukan oleh antioksidan. Antioksidan adalah kandungan zat dalam vitamin dan mineral.

Pengertian antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang memiliki kandungan untuk menghambat oksidasi molekul lain. Antioksidan bekerja untuk melawan radikal bebas yang berbahaya. Radikal bebas masuk ke dalam tubuh melalui polusi seperti merokok ataupun jenis makanan tertentu. Radikal bebas mencoba untuk mengambil elektron ekstra dari setiap sel dalam tubuh. Jika proses ini terus berlanjut, maka akan ada kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan banyak masalah dalam tubuh seperti penuaan dini atau masalah kesehatan yang serius seperti kanker. Proses ini dapat dihambat oleh antioksidan. Jika antioksidan tidak diberikan kepada tubuh, maka banyak masalah kesehatan dapat terjadi.

Makanan yang kaya antioksidan

Buah-buahan segar dan sayuran adalah antioksidan alami yang kaya akan kandungan antioksidan. Selain itu juga jenis kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan daging juga mengandung antioksidan.

Salah satu antioksidan adalah vitamin C, yang juga dikenal dengan asam askorbat. Vitamin C ini ditemukan dalam jumlah tinggi pada sayuran dan pada buah-buahan seperti jeruk, lemon, dll. Asam askorbat juga ditemukan dalam sereal, teh hijau, daging unggas, ikan, dan daging sapi. Antioksidan lain adalah vitamin A1 yang juga dikenal dengan retinol, vitamin A2, dan A3. Pada vitamin A, makanan yang kaya antioksidan adalah ubi jalar, teh hijau, kuning telur, susu, wortel, hati.

Kandungan enzim dalam antioksidan adalah selenium, merupakan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Sumber nabati selenium adalah beras dan gandum. Jumlah kandungan selenium dalam makanan bervariasi sesuai dengan daerah tempat tanaman ini tumbuh, karena selenium berada di dalam tanah dan dengan demikian diserap oleh tanaman. Tanah yang kaya akan selenium memiliki tanaman dengan tingkat nutrisi yang tinggi. Sementara itu terdapat juga antioksidan lain seperti antioksidan lutein yang diketahui karena kemampuannya untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan lutein terdapat dalam jumlah tinggi pada sayuran seperti bayam dan juga wortel.

>>  Sumber Makanan Kaya Antioksidan Terbaik

Antioksidan alami seperti pada buah-buahan dan sayuran segar lebih baik daripada suplemen antioksidan, karena tubuh cenderung menyerap antioksidan yang lebih baik dari sumber makanan alami.

 
  Incoming Keywords: apa itu anti oksidan pada ikan, PENGERTIAN HUBUNGAN ANTIOKSIDAN

Comments are closed.