Daur Ulang Plastik dan Manfaatnya

Daur ulang plastik digunakan untuk melindungi lingkungan dan mengambil keuntungan dari bahan plastik bekas. Plastik merupakan bahan yang sangat berguna dan fleksibel, tetapi dapat menjadi sampah setelah digunakan.

Plastik banyak digunakan oleh semua orang di dunia ini seperti halnya tas, kantong, botol, ember, mainan, tempat makanan, dll. Setiap kali anda membeli barang baik itu makanan atau barang lainnya dari toko manapun, anda akan menggunakan kantong plastik untuk membawa barang-barang belanjaan.

Plastik terbuat dari bahan kimia polimer dan tidak dapat terurai ketika dibuang dan dikubur. Ketika plastik dibakar maka akan memancarkan zat kimia berbahaya yang berdampak buruk pada lingkungan. Oleh karena itulah, proses daur ulang plastik dikembangkan.

Daur ulang plastik

Daur ulang berarti membuat produk baru dari bahan sampah. Dibandingkan dengan bahan lain seperti kaca dan logam, daur ulang plastik lebih mahal dan rumit. Hal ini dikarenakan bahan polimer dalam plastik. Berbagai jenis plastik tidak dapat dicampur bersama-sama dalam proses daur ulang.

Daur ulang plastik mengacu pada pengumpulan benda-benda plastik yang tidak berguna dan mengolah ulang untuk bisa digunakan lagi dalam bentuk baru yang berbeda. Sampah plastik yang dikumpulkan dari perkotaan yang padat, dikirim ke tempat daur ulang atau reklamasi. Di sini bahan-bahan plastik akan dibersihkan dari kotoran kemudian dicuci dan dihancurkan menjadi serpihan kecil. Proses yang sering digunakan adalah proses polimerisasi dimana zat polimer dalam plastik diubah menjadi monomer. Zat kimia ini kemudian dimurnikan dan disintesis untuk membentuk bahan plastik baru. Keuntungan besar dari teknik ini membuat semua jenis plastik bisa didaur ulang. Serpihan yang dilebur hingga meleleh akan membentuk butiran yang nantinya dikirim ke pabrik di mana produk-produk baru akan dibuat.

Manfaat daur ulang plastik

  1. Manfaat pertama dan terpenting dari daur ulang plastik adalah erat hubungannya dengan sumber energi minyak bumi yang tergolong langka. Sejumlah besar minyak bumi ini diperlukan sebagai bahan bakar untuk membuat produk plastik baru (bukan plastik dari hasil daur ulang). Konsumsi minyak bumi ini dapat dikurangi sampai sekitar 40% jika membuat produk plastik dari hasil plastik daur ulang.
  2. Manfaat yang kedua ini masih berhubungan dengan yang pertama di atas. Proses pembuatan plastik dari hasil daur ulang akan mengurangi emisi gas rumah kaca. Hal ini karena penggunaan bahan bakar untuk proses pembuatan plastik dari hasil daur ulang lebih sedikit dibandingkan dengan membuat plastik baru.
  3. Manfaat yang ketiga adalah menghemat ruang dari TPA. Bisa dikatakan bahwa satu ton plastik menghabiskan tempat sekitar 7,5 meter kubik.
  4. Salah satu manfaat yang penting dari daur ulang kantong, botol, dan alat yang terbuat dari plastik adalah mencegah kematian binatang, termasuk makhluk air akibat menelan plastik. Bahan kimia dalam plastik juga dapat mencemari tanah dan air.
>>  Erosi oleh Angin

Daur ulang satu ton plastik dapat menghemat energi yang digunakan oleh dua manusia dalam setahun dan air yang diperlukan oleh satu orang untuk waktu dua bulan. Hal ini juga menghemat sekitar 1 ton minyak bumi. Singkat cerita, daur ulang plastik bermanfaat dalam segala hal.

 
  Incoming Keywords: Jenis jenis plastik dan pemanfaatan dan daur ulang limbah plastik, maanfaat daur ulang plastik bagi lingkungan, kegunaan pengolahan limbah plastik, manfaat pengolahan sampah pada plastik, manfaat plastik bekas, manfaat pengolahan sampah plastik, manfaat daur ulang sampah plastik, manfaat daur ulang plastik, fungsi tas dari plastik bekas, sebutkan manfaat dan kegunaan dari plastik

, , , ,

Comments are closed.