Tips Belajar Efektif yang Bagaimana Ya?

Tips belajar mempunyai banyak sekali pendekatan yang berbeda terhadap cara belajar, di mana masing-masing memiliki cara sendiri-sendiri dalam menghafal teks dan rumus. Pelajari tips belajar dan beberapa teknik belajar efektif berikut jika merasa sulit untuk mengikuti metode anda sendiri saat belajar.

Ketika mulai belajar, setiap siswa memilih pola belajar yang berbeda sesuai dengan kemampuan mereka. Namun ada teknik belajar tertentu yang dapat membantu proses pembelajaran. Pertama-tama yang wajib diperhatikan adalah kebiasaan belajar atau kesenangan belajar, sehingga nantinya berguna untuk mengikuti pelajaran dengan baik.

Tips belajar

  1. Tips belajar yang pertama adalah menghindari absensi dan mengikuti pelajaran di kelas secara teratur bertujuan agar tidak kehilangan poin penting dan topik yang disebutkan dalam kelas. Seringkali guru menyebutkan topik penting dan mata pelajaran yang mungkin akan berguna sebagai bahan tes. Presensi rutin akan membantu untuk memahami dan mengingat setiap konsep dengan lebih jelas.
  2. Salah satu proses sederhana adalah memiliki catatan yang komprehensif yang mencakup langkah-langkah seperti mempunyai catatan pelajaran di kelas, meninjau catatan selama belajar dan membuat tambahan sendiri untuk meringkas pemahaman, serta
  3. penelitian lebih lanjut untuk memasukkan data tambahan pada catatan. Sewaktu berada di dalam kelas, sangat penting untuk memperhatikan guru dan berusaha untuk memahami setiap hal yang dikatakan atau dibahas. Karena siswa tidak bisa hanya mengandalkan memori mereka untuk langsung menyerap semua informasi, maka diperlukan pula teknik mencatat. Beberapa metode mencatat dapat dibagi menjadi 3 yaitu metode cornell, outlining, dan mapping.
  4. Dalam tips belajar yang efektif, tidak hanya terpaku pada buku pegangan yang sudah ditentukan saja atau juga buku catatan di kelas. Carilah referensi dari buku-buku lain, intinya adalah mencoba untuk mencari informasi lebih lanjut tentang subjek pelajaran sehingga memiliki pandangan yang lebih luas dari topik pelajaran yang diajarkan. Seringkali saat membaca dan belajar sendiri, mungkin akan terdapat keraguan atau pertanyaan, cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sendiri dengan bantuan dari buku lain atau mungkin internet. Namun jika pertanyaan ini tidak terjawab, catatlah dan tanyakan pada guru sewaktu di kelas.
  5. Salah satu tips belajar yang efektif adalah dengan masuk ke dalam kelompok diskusi atau percakapan sederhana tentang mata pelajaran yang dipelajari. Diskusi kelompok dapat menjadi cara yang bagus untuk memperluas perspektif atas masalah penting karena diskusi kelompok memberikan setiap anggota kelompok kesempatan untuk menyuarakan pemahaman mereka, yang belum tentu sama. Diskusi kelompok yang sehat adalah saling bertukar informasi dan mendiskusikan topik, jadi bukan hanya mencatat dan bersikap pasif.
  6. Tidak banyak orang peduli dengan perencanaan dan jadwal, meski hal itu adalah fakta bahwa memiliki rencana studi yang jelas akan memudahkan bagi seseorang untuk mencapai tujuan akhir. Cobalah membuat jadwal harian atau mingguan sendiri untuk studi.
  7. Biasanya siswa terlalu terjebak dengan nilai dan hasil persentase. Harus selalu ingat bahwa belajar dengan tujuan memperoleh pengetahuan, ataupun nilai-nilai tertentu seperti etika dan moral. Namun jika belajar hanya bertujuan untuk meraih nilai tinggi, ada kemungkinan besar akan kehilangan pengetahuan yang komprehensif tentang topik bahasan meski nantinya juga bisa mendapatkan nilai tinggi. Selalu belajar dengan sikap yang benar, maka tidak akan khawatir tentang masalah nilai.

Sebagai tambahan dalam tips belajar, pastikan tempat untuk belajar bebas dari segala macam gangguan. Akan lebih baik jika belajar di lingkungan yang tenang, namun ada juga siswa yang lebih suka belajar sambil memutar musik santai dengan volume kecil. Selalulah fokus pada bahasan pengetahuan yang komprehensif tentang subjek. Pemahaman yang dangkal mungkin bisa mendapatkan nilai bagus secara kebetulan tetapi pemahaman yang komprehensif akan memperkaya pengetahuan dalam arti sebenarnya.

,

Comments are closed.