Gejala Penyakit Ginjal Kronis pada Anjing

Seperti halnya manusia, anjing juga dapat terkena penyakit ginjal. Pada kenyataannya, hal itu adalah salah satu penyebab kematian pada anjing yang sudah tua. Penyakit ginjal pada anjing dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis; penyakit ginjal akut dan penyakit ginjal kronis. Gejala penyakit ginjal akut terjadi begitu saja, sedangkan penyakit ginjal kronis diderita secara bertahap. Mungkin diperlukan waktu sampai beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk mengetahui gejala penyakit ginjal kronis pada anjing.

Penyakit ginjal kronis pada anjing

Penyakit ginjal sering digambarkan hilangnya fungsi ginjal normal karena kerusakan pada organ ginjal. Karena ginjal yang tidak berfungsi dengan baik, racun akan menumpuk di dalam darah, sehingga mungkin dapat menyebabkan kematian. Dalam kasus penyakit ginjal akut pada anjing, akan timbul secara tiba-tiba. Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai penyebab, seperti dehidrasi, konsumsi zat beracun, infeksi kandung kemih, batu kandung kemih dan tumor kandung kemih. Dibandingkan dengan penyakit ginjal akut, penyakit ginjal kronis pada anjing dapat berkembang secara bertahap dalam waktu yang lama, di mana anjing mungkin tidak menunjukkan gejala yang jelas. Jadi, sangatlah sulit untuk mendeteksi kondisi tersebut.

Penyebab penyakit ginjal kronis pada anjing lainnya termasuk infeksi jangka panjang dari ginjal, cacat bawaan dan kelainan organ, penyakit vaskular, kerusakan ginjal yang disebabkan oleh kondisi kekebalan tubuh, hipertensi dan kanker. Kondisi ini umumnya terkait dengan penuaan dan merupakan salah satu penyebab utama kematian pada anjing yang sudah tua.

Gejala penyakit ginjal kronis pada anjing

Seekor anjing dengan penyakit ginjal mungkin tidak menunjukkan gejala yang berhubungan dengan kondisi selama tahap awal. Sebagaimana disebutkan di atas, kerusakan pada organ ginjal menyebabkan penyakit ginjal. Dalam kasus penyakit ginjal kronis, bagian normal dari ginjal akan mencoba untuk mengimbangi yang rusak. Hal ini akan terus berlanjut selama beberapa waktu, sampai tidak bisa lagi. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan munculnya gagal ginjal. Ini adalah alasan mengapa gejala tidak terlihat selama tahap awal penyakit ginjal kronis pada anjing. Biasanya, gejala penyakit ginjal muncul ketika kondisi semakin parah dan pada tahap itu mungkin akan terlihat seperti penyakit ginjal akut. Berikut ini adalah beberapa gejala yang muncul;

  • Meskipun, ada kemungkinan sangat kecil untuk mengalami gejala awal, anjing mungkin tampak lemah dan secara bertahap dapat kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan terus menerus.
  • Rasa haus yang meningkat dan sering buang air kecil adalah salah satu gejala dari kondisi ini. Selain itu, buang air kecil sakit dan kencing berdarah juga bisa terjadi pada anjing.
  • Anjing tersebut juga mudah lelah, diare, dan bau mulut menyengat.
>>  Batu Ginjal Penyebab Gejala dan Diagnosis

Diagnosa dan Pengobatan

Selain mempelajari gejala penyakit ginjal pada anjing dan melakukan pemeriksaan fisik anjing, maka dokter hewan dapat melakukan tes darah dan tes urin. Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini seringkali terdeteksi setelah 75% dari organ mengalami kerusakan. Pengobatan dan perawatan suportif diberikan kepada anjing, berupaya untuk mengontrol dan mencegah perkembangan lebih lanjut dari penyakit ginjal kronis pada anjing. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, transplantasi ginjal pada anjing juga dilakukan. Langkah-langkah lain termasuk mengontrol tekanan darah dan tingkat keasaman tubuh, mencegah dehidrasi dan menyediakan air tawar, pemberian suplemen kalium, mengontrol konsumsi protein dan garam, mencegah stres pada anjing, dll. Dalam beberapa kasus, fungsi ginjal dapat berlanjut sampai batas tertentu dan akan terus bekerja selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun, tetapi mungkin juga akan berhenti berfungsi jika perawatannya tidak teratur.

Di atas ini adalah deskripsi singkat mengenai berbagai aspek dan gejala penyakit ginjal kronis pada anjing. Artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis. Untuk mengetahui dengan lebih lengkap, silahkan menghubungi dokter hewan, jika anjing peliharaan anda mengalami salah satu gejala penyakit ginjal yang disebutkan di atas.

,

Comments are closed.