Internet Broadband

Internet broadband adalah istilah umum yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet saat ini. Broadband dalam arti harfiah berarti berbagai frekuensi yang digunakan untuk mengirimkan dan menerima data. Sebelumnya, mengakses internet adalah proses yang sangat lambat karena menggunakan koneksi dial-up. Koneksi dial-up adalah cara murah untuk mengakses internet, dengan biaya yang sama dengan panggilan telepon lokal. Namun, kecepatan koneksi dial-up dinilai terlalu lambat dan telepon tiap saat juga mendapat panggilan saat digunakan untuk mengakses internet. Faktor-faktor ini telah membuat koneksi internet broadband menjadi metode yang disukai untuk mengakses internet.

Istilah broadband mengacu pada bandwidth dari koneksi internet. Istilah bandwidth ini umumnya mengacu pada kecepatan transfer data, dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet. Kecepatan transfer data biasanya diukur dalam bit per detik (bps). Pada koneksi broadband, kecepatan transfer jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi dial-up. Ada berbagai jenis koneksi broadband, tergantung pada biaya, kecepatan dan ketersediaan. Beberapa jenis internet broadband adalah sebagai berikut:

Internet Broadband

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)
ADSL adalah koneksi broadband yang paling sering digunakan terutama di warnet-warnet. ADSL adalah alat digital yang memungkinkan konektivitas internet berkecepatan tinggi dan dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa menganggu jaringan telepon. ADSL bekerja pada kecepatan 512 kbps atau lebih tinggi. Dalam jaringan ADSL normal, kecepatan download lebih besar daripada kecepatan upload. Hal ini disebut  sebagai asimetris karena perbedaan pada kecepatan download dan upload.

SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)
SDSL serupa dengan ADSL hanya berbeda dalam satu aspek yaitu kecepatan upload. SDSL ini identik dengan upload. Hal ini bermanfaat untuk tujuan komersial dan bisnis yang memerlukan kecepatan upload yang cepat, dan koneksi SDSL memenuhi persyaratan ini. Seringkali biaya SDSL lebih mahal dari ADSL, oleh karena itu juga harus sebanding dengan keuntungan bisnis dan komersial.

>>  Dampak Negatif Internet pada Anak-anak

Wireless Broadband
Koneksi internet nirkabel merupakan kebutuhan saat ini. Laptop dan ponsel, semuanya memiliki koneksi nirkabel. Kecepatan download yang disediakan oleh jenis teknologi internet broadband dapat bervariasi, tergantung pada provider. Teknologi ini terus berkembang karena meningkatnya penggunaan perangkat nirkabel seperti ponsel dan laptop.

Cable Broadband
Internet juga dapat diakses melalui koneksi TV. TV digunakan oleh hampir semua orang dan internet juga dapat dibuat bersama dengan saluran TV. Broadband ini menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps sampai 8 Mbps. Jaringan ini secara luas digunakan di wilayah pemukiman. Hal ini lebih populer dibandingkan dengan koneksi ADSL, meskipun kecepatan download dan upload dari kedua jenis yang sama.

Satelit
Semua bentuk koneksi broadband yang dijelaskan di atas memiliki keterbatasan, yaitu hanya daerah tertentu yang dapat dijangkau. Oleh karena itu, koneksi satelit adalah solusi untuk masalah ini. Dalam hal ini, satelit geostasioner menyediakan akses internet. Koneksi internet ini membutuhkan parabola dan perangkat lainnya untuk menerima sinyal yang diperlukan. Kecepatan dari broadband satelit ini juga tergantung pada cuaca, yang mempengaruhi sinyal.

Fiber Optik
Teknologi fiber optik adalah teknologi yang mengubah sinyal elektrik ke sinyal cahaya. Sinyal ini ditransfer melalui kabel serat optik. Jaringan internet broadband ini sering juga digunakan meski dengan biaya mahal.

Sampai saat ini berbagai bentuk internet broadband menyediakan jangkauan tak terbatas dan juga pilihan mobile. Teknologi ini berkembang pesat dari hari ke hari untuk memenuhi persyaratan kecepatan dan kualitas layanan.

Comments are closed.