Sejarah Media Massa dan Perkembangannya dengan Singkat

Sejarah media massa dimulai dari ribuan tahun yang silam. Media massa membantu dalam menghubungkan orang-orang dan membawa dunia ke dalam pandangan kita. Berikut adalah sejarah media massa yang juga dikenal sebagai media publik.

Informasi yang dibagikan kepada orang-orang dalam skala besar melalui penggunaan televisi, radio, film, surat kabar, internet, majalah dan buku disebut sebagai media massa. Dapatkah kita membayangkan hidup tanpa televisi atau koran? Melalui media massa kita dapat berkomunikasi dengan mudah, mendapatkan pengetahuan dari melihat, membaca, mendengar, dan tahu tentang peristiwa di dunia. Mari kita lihat bagaimana media massa berkembang selama bertahun-tahun.

Sejarah Media Massa

Sejarah media massa telah dimulai semenjak manusia mengenal tulisan ribuan tahun yang lalu. Dengan adanya tulisan maka muncul juga para penulis yang mencatat atau menulis di buku. Berkembangnya tulisan ini kemudian semakin lama dikenal dengan media massa. Media massa telah membantu dalam menciptakan kesadaran sosial dan juga telah memberi manusia dengan cara yang lebih mudah dalam menjalani hidup.

Media massa mulai berkembang sekitar 3300 SM, ketika bangsa Mesir menyempurnakan huruf hieroglif. Sistem penulisan ini didasarkan pada simbol. Kemudian pada tahun 1500 SM, bangsa Semit menyusun huruf dengan konsonan. Setelah itu sekitar 800 SM huruf vokal dimasukkan ke dalam alfabet oleh bangsa Yunani.

Banyak buku yang telah ditulis pada zaman dahulu, namun berdasarkan penelitian mengkonfirmasi bahwa buku cetak pertama adalah Diamond Sutra yang ditulis di Cina pada tahun 868 SM. Teknologi pencetakan kemudian berkembang ke Eropa. Pada tahun 1400, Johannes Gutenberg (Jerman), menemukan mesin cetak. Buku pertama dicetak pada tahun 1453. Salah satu buku yang dicetak itu adalah The Gutenberg Bible. Dari satu kota di Jerman, mesin cetak kemudian tersebar ke seluruh Eropa. Pada tahun 1468  William Caxton menghasilkan sebuah buku dengan iklan cetak pertama di Inggris. Di tahun 1500, dua juta eksemplar buku dicetak di Inggris. Dalam jangka waktu seratus tahun, percetakan naik menjadi dua ratus juta eksemplar.

Surat kabar berkembang sekitar tahun 1600. Surat kabar pertama yang dicetak adalah The Relation. Selanjutnya, pada tahun 1690, Benjamin Harris mencetak surat kabar kolonial pertama di Boston. Koran pertama Afrika-Amerika berjudul Freedom’s Journal diterbitkan pada tahun 1827. Mulai pada awal tahun 1900-an, media cetak dapat ditemukan dalam bentuk buku, pamflet, majalah dan surat kabar. Koran memberikan semua informasi yang diperlukan bagi orang-orang tentang dunia. Bahkan saat ini, surat kabar tetap menjadi sumber global yang penting dari informasi.

>>  Aplikasi Mirip Instagram Sebagai Alternatif

Telegraf pertama kali ditemukan pada tahun 1844 oleh Samuel Morse. Dan pada tahun 1858, kabel transatlantik pertama dibuat, sehingga lebih mudah bagi orang untuk berkomunikasi.

Telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 yang membawa revolusi di bidang komunikasi. Orang-orang sekarang bisa duduk di dalam rumah dan bercakap-cakap dengan teman dan kerabat di seluruh dunia.

Pada tahun 1885, George Eastman menemukan film fotografi. Film ini dikembangkan oleh Eastman dan membantu Gilbert Grosvenor untuk memperkenalkannya di tahun 1899. Media cetak mulai kehilangan popularitas pada abad kedua puluh dengan munculnya televisi dan radio.

Selama tahun 1894, radio diciptakan oleh Guglielmo Marconi. Radio bekerja pada prinsip transmisi gelombang elektromagnetik.

Televisi ditemukan oleh John Logie Baird pada tahun 1925. Transmisi televisi pertama dilakukan pada tahun 1927 oleh Philo Farnsworth.

Di paruh abad ke-20, internet mulai berkembang. Dengan konsep internet, dunia dapat terhubung secara global. Teknologi e-mail mulai dikembangkan pada tahun 1970-an. Kemudian muncul ide dari Tim Berners-Lee dengan world wide web pada tahun 1990. Saat ini, terdapat lebih dari dua miliar orang yang menggunakan internet.

Handphone telah membawa perubahan besar dalam kehidupan orang-orang. Kita tidak perlu menunggu berjam-jam untuk memanfaatkan informasi yang berharga.

Media massa adalah kekuatan terbesar untuk terhubung ke dunia dalam berbagai cara. Siapa yang tahu apakah bentuk komunikasi yang mungkin muncul seratus tahun ke depan? Peradaban dan pemikiran cerdas akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Demikianlah sejarah media massa secara singkat.

 
  Incoming Keywords: perkembangan media massa, sejarah media massa, Media massa di pergunakan pertama kali pada tahun, perkembangan media dunia, sejarah media, sejarah media massa di amerika serikat, sejarah munculnya media massa, sejarah perkembangan media, sejarah singkat media

Comments are closed.